Ada Apa Ya? Sejumlah Senpi Personel Polda Diperiksa

Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng menggelar pemeriksaan terhadap senpi personel
Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng menggelar pemeriksaan terhadap senpi personel, melibatkan Bid Propam Polda Kalteng dipantau langsung Dir Resnarkoba Kombes Pol Nono Wardoyo dan Wadir Resnarkoba AKBP Timbul RK Siregar, Rabu (20/7).(istimewa)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalteng menggelar pemeriksaan terhadap senjata api personelnya, dengan melibatkan Bid Propam Polda Kalteng dipantau langsung Dir Resnarkoba Kombes Pol Nono Wardoyo dan Wadir Resnarkoba AKBP Timbul RK Siregar, Rabu (20/7).

Hal ini mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan pemakaian senjata api. Sekaligus memastikan senpi masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Pemeriksaan juga meliputi kebersihan senpi, kelengkapan beserta amunisi, dan kartu atau surat izin memegang senpi.

“Dalam pemeriksaan tadi ada 36, dari 44 pucuk senpi yang dipinjam pakaikan ke personel dilakukan pengecekan. Delapan orang belum diperiksa karena masih dinas,” ucap Nono Wardoyo.

Diterangkannya, pengecekan rutin ini merupakan upaya Ditresnarkoba meminimalisir dan mencegah terjadinya penyalahgunaan senpi oleh personel. Sehingga dalam pemeriksaan tersebut selain memastikan senpi dalam kondisi bersih, jumlah peluru juga harus sesuai dengan yang dimiliki oleh masing-masing personel.

“Pemeriksaan tadi surat-surat dari personel lengkap. Termasuk hasil psikologi tentang kelayakan diri memegang senpi. Langkah ini antisipasi penyalahgunaan senpi dan memastikan senpi optimal,” tegasnya.

Baca Juga :  Pembesuk Dikenakan Syarat Berlapis Jenguk Tahanan dan Napi

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro menambahkan,  pemeriksaan senpi terhadap personel memang rutin di setiap satker Polda Kalteng. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap pelaksanaan tugas personil di lapangan berlangsung sesuai prosedur yang ditetapkan.

“Pelaksanaan tes psikologi akan dilakukan secara berkala oleh personel. Sehingga dalam pemeriksaan tersebut, bisa Propam yang bertugas memastikan surat kepemilikan masih berlaku dan tidak kedaluarsa. Jadi tidak sembarang personel bisa dipinjampakaikan senpi, harus melalui sejumlah tes. Baik kemampuan dan psikologi,” pungkasnya. (daq/gus).

 



Pos terkait