Aksi Heroik Warga Redam Meluasnya Kebakaran di Kumai Hulu

kebakaran kumai hulu
PADAMKAN API: Seorang warga Jalan HM Idris, Gang Hairul, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, langsung menyedot perhatian. Pria yang belum diketahui identitasnya itu naik ke atap rumah saat kebakaran hebat terjadi di wilayah tersebut. (Istimewa/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Seorang warga Jalan HM Idris, Gang Hairul, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, langsung menyedot perhatian. Pria yang belum diketahui identitasnya itu naik ke atap rumah saat kebakaran hebat terjadi di wilayah tersebut.

Aksinya nyaris berujung celaka ketika dia terlihat hampir terjatuh dari atap saat berusaha meraih selang pemadam. Demikian pulan ketika selang yang digenggamnya menyemprotkan air bertekanan tinggi ke titik api.

Bacaan Lainnya

Warga tersebut terlihat tak gentar dengan besarnya kobaran api dan asap tebal yang menghitam. Apalagi rumah warga di sekitar lokasi sangat rapat. Aksi heroik pemuda berbaju hitam itu kemudian diikuti warga lainnya yang mencoba membantu.

Saat api membesar, warga berhamburan keluar dari gang sempit untuk menyelamatkan diri dan barang-barangnya dengan wajah panik.

kebakaran kumai hulu
PANIK: Kebakaran yang terjadi di Kumai Hulu, membuat warga sekitar panik dan berlarian, Selasa (29/8/2023). (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

”Tanpa dikomando, abang yang tadi langsung naik sendirian ke atas atap. Hampir saja jatuh saat mengambil selang. Alhamdulillah, berkat keberaniannya, rumah di sekelilingnya bisa diselamatkan,” kata Ayi, warga Kumai.

Baca Juga :  SADIS!!! Teman Dibacok, lalu Dibuang

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Kotawaringin Barat Agus Dwi Suhartono mengatakan, kebakaran mengakibatkan rumah milik Esnawati (71) mengalami kerusakan berat. Sekitar 95 persen bangunan nyaris rata dengan tanah.

”Damkar bertolak dari mako sampai ke TKP tidak kurang dari 10 menit dan langsung melakukan penanganan pemadaman,” katanya.

Saat kejadian, pemilik rumah sedang berada di luar, sementara warga melihat api sudah membesar muncul dari dalam kamar tidur. Dugaan sementara, kebakaran diakibatkan korsleting listrik.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pemilik rumah mengalami luka bakar di bagian tangan. Untuk kerugian mencapai ratusan juta rupiah. ”Penyebabnya masih dalam penyelidikan kepolisian, tapi dugaan korsleting listrik,” katanya. (tyo/ign)



Pos terkait