“Aktor” Dede Yusuf ke Kalteng, Mengamati Hal Ini

DPR-RI,Dede Yusuf Macan Effendi,Pemprov Kalteng
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi saat menyampaikan sambutan pada pertemuan dengan Pemprov Kalteng, terkait kepemudaan, baru-baru tadi.(istimewa)

PALANGKA RAYA –RadarSampit.com- Aktor senior dunia perfilman Indonesia yang kini menjadi  Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi kepemudaan Dede Yusuf Macan Effedi, hadir di Palangkaraya belum lama tadi, Kamis (9/2).  Ia hadir bersama rombongan anggota legislatif DPR-RI lainnya, dalam rangka pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketika memberikan sambutan, dirinya menyoroti indeks pembangunan pemuda, terkait menyongsong tantangan bonus demografi ke depan.

Bacaan Lainnya

“Kalau kita melihat sekarang, jumlah usia pemuda 16-30 sekitar 65 juta di Indonesia saat ini. Kurang lebih 25 persen dari jumlah penduduk kita. Kalau kita ingin menuju bonus demografi yang diharapkan pada tahun 2030, tantangan terbesarnya bukan soal usia, tetapi apakah produktif atau tidak produktif dan zaman sekarang anak-anak muda cenderung tidak tertarik untuk menjadi aktivis” ujar mantan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 ini.

Baca Juga :  Wagub Kalteng: Jangan Persulit Proses Perizinan!

Selain itu dipaparkannya pula, pemuda-pemuda masa depan, yang nantinya menggantikan  menjadi pemimpin-pemimpin akan terbuai dan juga akan terhambat oleh banyak tantangan-tantangan. Dan salah satu tantangan terbesarnya antara lain adalah lapangan pekerjaan, skill (kemampuan untuk masuk dan beradaptasi ke dunia kerja), kesehatan, kesetaraan gender dan faktor lainnya.

“Kami dari Komisi X ingin menggali isu-isu besar yang dihadapi oleh pemuda-pemuda yang ada di Kalteng, sehingga nantinya akan kami sampaikan kepada Kementerian Pemuda. Betapa pentingnya untuk mendorong sektor kepemudaan ini mendapat skala prioritas dari negara. Karena ternyata keberpihakan negara terhadap sektor kepemudaan sampai saat ini masih belum terlihat signifikan” papar Dede.

Sementara itu, Wakil Gubenur Kalteng Edy Pratowo yang menyambut rombongan DPR-RI itu menyatakan, pembangunan pemuda sangatlah penting, dan harus benar-benar diperhatikan, dalam rangka mewujudkan generasi yang unggul, berkarakter, tangguh, dan memiliki wawasan kebangsaan, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan ke depan yang akan semakin berat.



Pos terkait