Badai Tumbangkan Pohon dan Rusak Rumah

Cuaca Buruk dan Banjir kembali Melanda Wilayah Kalteng

angin kencang,pohon tumbang,taman kota sampit,kabupaten kapuas,palangkaraya,banjir
Pohon tumbang di Jalan Yos Sudarso Kawasan Taman Kota Sampit, yang menimpa kios, Jumat (18/11).(heny/radarsampit)

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyanti mengatakan, banjir terjadi di wilayah Kecamatan Pahandut, Jekan Raya, Sabangau dan Bukit Batu. Pihaknya pun sudah melakukan pemantauan debit air setiap hari,  dimana saat ini ada kenaikan sekitar 30 sentimeter sampai dengan 60 sentimeter per hari.

“Kami melakukan pemantauan lokasi untuk mendirikan posko kesehatan, posko Pengungsian dan posko relawan hingga pemantauan instalasi listrik,” ujarnya.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1016/Palangka Raya Kolonel Inf Frans Kishin Panjaitan, juga telah menginstruksikan Babinsa dan anggota TNI yang bertugas di daerah terdampak banjir untuk tetap siaga.

“Saya sudah perintahkan para Babinsa dan anggota untuk dapat terus berkoordinasi dengan BPBD dan stakeholder terkait lain wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Ia menekankan, para Babinsa bersama tim terpadu terus berupaya melaksanakan pemantauan ketinggian air setiap hari dengan memasang patok kontrol air di wilayah yang terdampak banjir.

Baca Juga :  RASAKAN!!! Motor Pembalap Liar Bakal Ditilang Selamanya

Lurah Langkai Sri Wanti menambahkan, pihaknya sudah mendirikan dapur umum dan selalu mendistribusikan ratusan bungkus nasi kepada warga terdampak banjir di wilayah Flamboyan bawah.

Nasi bungkus tersebut  sebelumnya dimasak oleh tim relawan di tenda pengungsian. Saat ini ada 1.500 KK warga Langkai yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Kahayan.

“Kita dibantu oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan para mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN).Kami sampaikan untuk lansia dan warga yang sakit. Saat ini warga tak bisa masak karena dapur mereka terendam. Kami juga sediakan tim medis yang siap memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang sakit,” paparnya.

Terpisah, cuaca buruk juga melanda wilayah Kota Kuala Kapuas, sejak Kamis (17/11) hingga Jumat (18/11) kemarin. Akibatnya pun beberapa pohon tumbang di dalam kota.  Beberapa ruas jalan tertutup oleh ranting dan dahan pohon tersebut, seperti di Jalan Pemuda kilometer 1 Kecamatan Selat Dalam Kabupaten Kapuas.

Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga mengatakan,  ada beberapa pohon yang tumbang karena hujan disertai angin kencang, di sekitar Kota Kuala Kapuas.



Pos terkait