Bebaskan Terduga Bandar Besar Narkoba, Pengadilan Sebut Hakim Tak Bisa Disalahkan

Humas PN Palangkaraya
Pejabat humas yang juga hakim Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya Kalimantan Tengah Yudi Eka Putra. (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

PALANGKA RAYA, RadarSampit.com – Pejabat Humas Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Yudi Eka Putra mengatakan hakim tidak bisa dipersalahkan atas putusannya di dalam persidangan, termasuk vonis bebas terdakwa narkoba Salihin alias Saleh bin Abdullah

”Misalnya, putusan di PN Palangka Raya bebas kemudian hasil kasasi di Mahkamah Agung (MA) dihukum, itu bukan sesuatu yang tabu atau dipermasalahkan,” kata Yudi di Palangka Raya, Senin.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Pria yang kesehariannya hakim itu mengatakan, inti permasalahan yang dituduhkan kepada tiga orang hakim yang memvonis bebas tersebut adalah dugaan adanya pelanggaran kode etik pada proses terbitnya putusan itu.

”Apa pun yang dituduhkan kepada tiga hakim tersebut paska vonis bebas, hakim itu tidak bisa dipersalahkan atas putusannya karena materi putusan tidak pernah dicampuri oleh siapapun,” tegasnya.

Dia merespons positif terhadap memori kasasi vonis bebas terdakwa narkoba yang telah diserahkan Kejaksaan Negeri Palangka Raya ke Mahkamah Agung (MA) pada Selasa (14/6) pagi.

Baca Juga :  Larangan Truk Masuk Kota, Begini Aspirasi Para Sopir

”Itu merupakan hak konstitusi dari pihak yang merasa tidak cocok dengan keputusan pengadilan,” tuturnya.

Terkait pernyataan Jaksa Penuntut Umum perkara tersebut Dwinanto Agung Wibowo yang menyebutkan sesuai Pasal 197 ayat (2) KUHAP putusan yang dijatuhkan berdasarkan pertimbangan yang salah, seharusnya batal demi hukum, dengan diplomatis dia mengatakan itu hak seseorang berpendapat.

”Namanya berpendapat ya sah-sah saja. Tidak ada masalah. Nantikan MA yang menentukan,” ucapnya dengan santai.

Dia menyampaikan sanksi bagi ketiga hakim belum dicabut atau masih non aktif. Meski begitu, ketiga hakim tersebut tetap diperbolehkan memimpin sidang perkara-perkara lama, yang sudah ditangani jauh sebelum vonis bebas terdakwa narkoba dijatuhkan. Ketiga hakim juga masih menerima gaji dan tunjangan.

“Sampai saat ini tiga hakim tersebut tidak bisa bersidang perkara baru, menunggu adanya perintah selanjutnya dari tingkat yang lebih atas. Kami nggak bisa memastikan kapan turunnya perintah tersebut tergantung monitoring dan evaluasi pimpinan tingkat atas,” terang pejabat yang memiliki pembawaan tenang itu.



Pos terkait