Begini Cara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tingkatkan Minat Baca Pelajar

lomba duta baca pelajar sma kotim
PEMENANG: Usai menerima piala dan piagam penghargaan, pemenang Lomba Duta Baca berfoto bersama dengan Kepala DPK Kotim Rusnah, beserta jajarannya dan para dewan juri. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar kegiatan Lomba Duta Baca tingkat SMA/sederajat se-Kotim tahun 2022, Kamis (11/8). Kegiatan itu dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca yang saat ini dinilai masih rendah.

”Kami mengadakan kegiatan Lomba Duta Baca, karena melihat rendahnya minat baca generasi muda kita,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotim Rusnah.

Bacaan Lainnya

Terkait penyelenggaraan lomba, pihaknya telah menyebarkan surat pemberitahuan khusus bagi SMA/sederajat di wilayah ini. Namun, karena situasi dan waktu yang relatif singkat, peserta yang berpartisipasi dalam lomba tersebut hanya sepuluh orang dari sejumlah SMA/sederajat di Kotim.

”Peserta hanya sepuluh orang. Semoga pada lomba berikutnya semua sekolah bisa berpartisipasi, sehingga ke depannya kami berharap semakin banyak lagi peserta yang mengikuti lomba ini,” harapnya.

Dia menambahkan, peserta yang mengikuti lomba tersebut melalui beberapa tahap seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan lainnya.

Baca Juga :  Jual Sabu di Pondok, Pembelinya Sopir Truk

Dengan artikulasi yang jelas dan lantang, satu per satu peserta tampil memukau di hadapan para juri dan audiensi. Mereka mempresentasikan materi yang menitikberatkan pada peningkatkan minat baca terhadap generasi muda.

”Tingkat literasi di Indonesia harus ditingkatkan, salah satu upayanya adalah dari kita sebagai pelajar yang harus menggerakkan,” kata Dina Renata siswi SMKN 2 yang merupakan salah satu peserta dalam lomba tersebut.

Dina menyambut baik adanya lomba yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotim. Harapannya, dengan adanya Lomba Duta Baca bisa menyosialisasikan kepada pelajar lain betapa pentingnya membaca.

Ada empat juri yang menilai penampilan para peserta Lomba Duta Baca pelajar tingkat SMA/sederajat se-Kotim tahun 2022 mereka adalah Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kotim Suyoso, Penggerak Forum Literasi Kotim Sugiarti, Instruktur Kepribadian Kotim Utari Riambarwati, dan Penggerak Sekolah Menulis Buku Kotim Setiawati.



Pos terkait