Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil

Cara Menghitung Waktu untuk Lakukan Cas Aki Mobil
Ilustrasi

Kebanyakan bengkel resmi akan menggunakan metode ini untuk mengisi daya pada aki. Cara menghitung berapa lama cas aki mobil pun tidak jauh berbeda, hanya saja pengalian arusnya berbeda.

Untuk menghitung lama waktu cas aki mobil dengan pengisian cepat, langkah pertama sama yaitu mengetahui besaran pengisian. Kasusnya masih sama yaitu aki dengan daya 12 Volt dan 40 AH. Maka menghitungnya adalah 40 X 40% = 16 Ampere.

Apabila masih menggunakan rumusan yang sama maka rumus yang diterapkan menjadi (40 AH / 16 AH) + (20% X 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 jam.

Waktu yang diperlukan untuk pengisian daya aki dengan cara cepat hanya 3 jam. Waktu ini sangat pas ketika Anda melakukan tune up atau servis berkala. Sambil dicharge teknisi akan mengecek bagian mesin yang lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengisi aki sendiri di rumah sebaiknya lakukan penghitungan di atas sehingga setelah daya pada aki terisi penuh, cas harus dilepaskan. Kecuali jika kendaraan menggunakan fitur Auto Cut Off On Full Charge.

Maka ketika aki sudah penuh, maka alat cas akan otomatis berhenti. Anda yang tidak memperhatikannya pun bisa merasa aman. Namun jika tidak, sebaiknya hitung dulu dan ketahui berapa lama cas aki mobil dibutuhkan.(JPG)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *