Dilanda Dualisme, Pemprov Kalteng Akui Karang Taruna Kubu Chandra

karang taruna kalteng
PELANTIKAN: Sekda Kalteng Nuryakin mengukuhkan dan melantik pengurus Karang Taruna Provinsi Kalteng Periode 2023-2028, Jumat (31/3). (DODI/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA, radarsampit.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mengakui kepengurusan Karang Taruna di dengan ketua Chandra Ardinata. Hal itu dipastikan dengan dilantiknya Chandra sebagai Ketua Karang Taruna Kalteng Periode 2023-2028, bersama Sekretaris Jenderal Arjoni, dan Bendahara Philip.

Pelantikan itu dilakukan Sekda Kalteng Nuryakin di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (31/3). Kepengurusan Karang Taruna Kalteng sebelumnya terjadi dualisme. Selain Chandra, ada Edy Rusdian yang mengaku mendapat SK dari Pengurus Nasional Karang Taruna Nasional sebagai Ketua Karang Taruna Kalteng.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Nuryakin mengatakan, Karang Taruna memiliki peran dan tugas bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

Dalam melaksanakan tugas, Karang Taruna mempunyai fungsi mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda. Menyelenggarakan kesejahteraan sosial, meliputi rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, jaminan sosial, dan pemberdayaan sosial, serta meningkatkan usaha ekonomi produktif.

Baca Juga :  Inflasi Terkendali, Pemprov Kalteng Tetap Gencarkan Pasar Penyeimbang

Kemudian, menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kesadaran dan tanggung jawab sosial setiap anggota masyarakat, terutama generasi muda untuk berperan secara aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Menumbuhkan, memperkuat, dan memelihara kearifan lokal; serta memelihara dan memperkuat semangat kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika, dan tegaknya NKRI.

”Kami mengharapkan Karang Taruna bisa turut mengembangkan kreativitas anak bangsa dalam memberdayakan diri dan lingkungannya. Menggugah rasa gotong–royong, toleransi, dan harmoni. Sebagai bagian tidak terpisahkan dari pemerintah Karang Taruna, tentunya diharapkan bisa memaksimalkan perannya dalam pencapaian program pemerintah daerah menuju Kalteng Makin Berkah,” ujarnya.

Nuryakin menambahkan, keberadaan Karang Taruna diharapkan mampu memberikan dukungan dan kontribusi yang nyata kepada masyarakat Kalteng, terutama Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).



Pos terkait