Disdik Kota Terus Tingkatkan Kompetensi Guru

Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Jenjang SD Tahun 2023

kepala Dinas Pendidikan Palangkaraya Jayani
Wali Kota Fairid Naparin melalui kepala Dinas Pendidikan Palangkaraya Jayani, saat mengawali Bimtek dengan tema “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (Implementasi Kurikulum Merdeka) Jenjang SD Tahun 2023”, di Kota Palangka Raya, kemarin.(dodi/radarpalangka)

PALANGKA RAYA, Radar Sampit.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Palangkaraya melalui Dinas Pendidikan setempat menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guna komitmen mewujudkan visi dan misi wali kota terkait dunia Pendidikan.

Kegiatan ini dibuka Wali Kota Palangkaraya Fairid Naparin melalui kepala Dinas Pendidikan Jayani, dengan mengangkat tema “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (Implementasi Kurikulum Merdeka) Jenjang SD Tahun 2023”.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Pelaksanaan kegiatan itu juga dalam rangka untuk mendukung program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) yang telah mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayani menyatakan,langkah tersebut bentuk keseriusan pemkot melalui Disdik yang terus berupaya memberikan langkah nyata dalam dunia pendidikan. PMM tersebut merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila.

Baca Juga :  Bandsaw Warga Diamuk Api, Pemilik Ditasir Merugi Rp 100 Juta

“Pak wali kota sangat komitmen atas dunia pendidikan. Nah di PMM itu memiliki fitur belajar, mengajar, dan berkarya,” sebutnya.

Jayani membeberkan, kegiatan ini dengan sasaran tenaga fungsional guru yang belum pernah mengikuti diklat atau bimtek tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

“Jumlah peserta sebanyak 60 (enam puluh) guru SD, yang dilaksanakan dari tanggal 14-16 Februari 2023. Ini merupakan tahap I bimbingan teknis untuk Guru SD, dan akan berlanjut untuk tahap ke II minggu depan” sebutnya.

Menurutnya, dalam bimbingan teknis yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya tahun ini, sebagai tim pengajar adalah guru penggerak dan pengajar praktik angkatan 4 tahun 2022, yang sudah dikukuhkan pada bulan Januari 2022 lalu.

“Dan juga telah dibentuk komunitas guru penggerak yang bernama Komunitas Guru Penggerak BATARUNG Kota Palangka Raya. Kegiatan ini bertujuan agar peserta mempunyai kemampuan memanfaatkan platform merdeka mengajar dan IKM untuk pembelajaran di sekolah,” papar Jayani.



Pos terkait