Dua Dukun Palsu Tipu Korban Ratusan Juta, Janjikan Emas, Berlian, dan Uang Gaib

dukun
Ilustrasi. (M Faisal/Radar Sampit)

MUARA TEWEH – Niat TH, warga Kabupaten Barito Utara (Batara) meraup untung besar dengan jalan pintas, malah membuatnya rugi hingga ratusan juta rupiah. Perempuan itu ditipu dua pria mengaku dukun yang menawarinya untuk menarik perhiasan dan uang dalam jumlah besar.

Peristiwa itu terjadi pada November 2020 lalu. Kejadian berawal ketika dua pelaku, Jian Hartaja (30) dan Ibadur Rahman (40), mengatakan pada korban bahwa mereka bisa menarik perhiasan berupa emas, berlian, dan uang secara gaib. Syaratnya, korban harus menyetor sejumlah uang sebagai mahar untuk melakukan ritual mistik tersebut.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Korban yang tertarik dengan penawaran pelaku, lalu menyetor uang yang diminta. Th memberikan uang secara bertahap hingga totalnya mencapai Rp 300 juta.

Setelah beberapa kali mendapatkan uang dari korban, pelaku dengan sengaja membawa satu buah kardus ukuran besar yang diisi dengan beberapa bantal dan kain hitam. Kemudian ditaruh beberapa lembar uang kertas mainan di atasnya. Kardus tersebut diikat dengan rapi.

Baca Juga :  Banjir Lamandau Berpotensi Makin Parah

Para pelaku mengatakan pada korban, kardus tersebut dapat dibuka setelah beberapa minggu, sesuai jadwal yang diberikan pelaku. Menurut pelaku, kardus yang diberikan akan berisi perhiasan dan uang yang banyak jumlahnya, asalkan korban membukanya sesuai jadwal yang diberikan oleh pelaku. Setelah uang sebagai jaminan (mahar) yang diminta diberikan, perhiasan dan uang yang dijanjikan tak kunjung ada.

”Korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Batara. Unit Buser Sat Reskrim Polres Batara langsung berkoordinasi dengan pelapor dan beberapa informan untuk melakukan penyelidikan dan melacak pelaku,” kata Kapolres Barito Utara AKPB Dodo Hendro Kusuma melalui Kasat Reskrim AKP M Tommy Palayukan, Senin (4/10).

Tommy menuturkan, pihaknya memperoleh informasi pelaku sedang bersembunyi di sebuah rumah kontrakan di Jalan Pelajar, Kelurahan Melayu, Batara. ”Kedua pelaku berhasil ditangkap dan kami juga mengamankan sejumlah barang bukti milik pelaku. Saat penangkapan pelaku tidak melakukan perlawanan,” ujarnya.



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *