Gelar Rapid Test Acak di Lamandau

Gelar Rapid Test Acak di Lamandau
LACAK VIRUS: Seorang warga ketika dirapid test antigen oleh petugas kesehatan, saat diadakan kegiatan non yustisi oleh satgas percepatan penanganan Covid-19, Kamis malam (8/7).(istimewa)

NANGA BULIK- Bupati Lamandau H Hendra Lesmana selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau pimpin langsung operasi non yustisi yang digelar, Kamis malam (8/7).

Operasi yang juga diikuti anggota forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tersebut, menyasar sejumlah cafe, warung makan, kedai dan sebagainya. Bertujuan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Kabupaten Lamandau.

Bersamaan dengan itu, tim juga menggelar rapid test antigen kepada masyarakat  yang ditemui, Tim Dinas Kesehatan setempat. Rapid test antigen digelar  secara random untuk menjaring warga  yang reaktif,  demi mengendalikan penyebaran Covid-19 di Lamandau.

“Ketika dilaksanakan operasi non yustisi rutin dari jajaran Satpol PP bersama TNI-Polri , kita juga langsung melakukan tes antigen di tempat untuk mengetahui atau mendeteksi virus korona di tengah masyarakat,” ujar Hendra Lesmana.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya kasus saat ini, hampir semua kecamatan sudah zona merah. Menurutnya, tidak bisa hanya orang-orang dari kluster-kluster tertentu yang dites PCR  ataupun Antigen. Tetapi,   pengetesan perlu dilakukan  secara progresif ke masyarakat walaupun tidak ada kluster.

Baca Juga :  Bupati Lamandau Diisolasi, Pelayanan Tetap Jalan

“Virus itu sekarang sudah ada dimana-mana , tinggal kita yang harus lebih waspada dan lebih ketat menjalani prokes ,” tegas Hendra. (mex/gus)

 

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *