H-5 dan H+5 Truk Dilarang Lintasi Jalan Pangkalan Bun – Kolam

cek jalan kolam
CEK JALAN MUDIK: Kapolres Kobar bersama Kadishub mengecek jalan Kotawaringin memastikan kelancaran arus mudik jalur darat pada Rabu (19/4). (Syamsudin/Radar Sampit)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Untuk memastikan arus mudik jalur darat lancar dan aman Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kobar mengecek jalan Kotawaringin pada Rabu (19/4/2023).

Jalan tersebut sering kali terdapat gangguan akibat masih adanya peningkatan jalan. Dari hasil pengecekan masih ada satu titik yang dilakukan buka tutup dari arah berlawanan agar arus lalulintas berjalan lancar.

“Sudah bagus adanya kebijakan pengalihan arus lalulintas untuk sementara waktu dari H-5 hingga H+5 kendaraan roda enam atau lebih agar melintas di jalur lain. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan di jalan Kotawaringin,” jelas AKBP Bayu Wicaksono.

Selain itu menurut Kapolres, pihaknya juga menugaskan personel untuk berjaga di Jalan Kotawaringin untuk membantu pengaturan lalulintas bekerjasama dengan Dishub.

Kapolres juga meminta sarana prasaran seperti alat berat agar bisa disiagakan dilokasi titik yang masih ada kerusakan sehingga ketika ada kendaraan yang amblas bisa segera ditangani.

Sementara itu, Kepala Dishub Kobar, Amir Hadi menambahkan pihaknya akan berkolaborasi menyukseskan mudik jalur darat bersama Polres Kobar.

Baca Juga :  PAD Sektor Walet Kobar Belum Maksimal

“Kita utamakan dulu untuk kelancaran arus mudik lebaran, memang untuk sementara H-5 hingga H+5 lebaran kita alihkan dulu kendaraan roda enam ke atas. Tetapi untuk kendaraan lain yang sifatnya untuk pasokan BBM masih diberikan prioritas agar BBM tetap aman di wilayah Kolam,” jelasnya.

Menurut Amir Hadi, jalur Kolam ini menjadi jalur vital karena Kabupaten tetangga seperti Lamandau dan Sukamara warganya melintas di jalan tersebut bahkan Provinsi tetangga seperti Kalbar juga melintas di jalur kolam.

“Semoga arus mudik jalur darat bisa berjalan lancar masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman bisa terlaksana,”harapnya. (sam/sla)

 

 

 

 

 

 

 



Pos terkait