Ini Tantangan Sektor Transportasi di Kotim

harhubnas kotim
APEL: Bupati Kotim Halikinnor menghadiri peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harbunas) 2022  di Pelabuhan Sampit, Senin (19/9) pagi. (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah memberikan hasil positif pada sektor transportasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa sektor transportasi tumbuh 21,27 persen di kuartal kedua tahun 2022 dan memberikan konstribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen. Capaian ini disampaikan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor saat menjadi pembina upacara peringatan  Hari Perhubungan Nasional (Harbunas) 2022  di Pelabuhan Sampit, Senin (19/9) pagi.

Menurut Halikinnor, pencapaian itu perlu disyukuri. Namun, tantangan dan pekerjaan rumah di sektor transportasi harus dituntaskan, seperti peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia. Tantangan ini tidak bisa dihadapi tanpa sinergi seluruh stakeholder.

Bacaan Lainnya

“Mari kita wujudkan sinergi dan kolaborasi yang lebih baik lagi dalam mendorong peningkatan sektor transportasi,” ujar Halikinnor saat membacakan sambutan tertulis Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Baca Juga :  Bundaran Tidar Sampit, Bakal Diperkecil

Halikinnor mengatakan bahwa dalam pengembangan sektor transportasi di Kotim sampai  saat ini terus dimaksimalkan. Diantaranya dengan melibatkan pihak ketiga untuk melakukan pengerukkan Sungai Mentaya dengan kedalaman 9-12 meter. Dengan demikian,  diharapkan operasional yang tadinya hanya efektif 7-8 jam dapat lebih dimaksimalkan.

“Pemkab Kotim saat ini  sedang merencanakan pengerukkan Sungai Mentaya dengan melibatkan pihak ketiga, membuat alur baru yang nantinya dinamakan tol sungai dan tentunya berbayar. Kelemahan saat ini muara Sungai Mentaya masih sangat dangkal sehingga harus dikeruk agar kedepannya kapal-kapal berbobot besar bisa berlayar tanpa hambatan,”  ujarnya.

Di sektor transportasi udara, Pemkab Kotim juga telah merencanakan perpanjangan runway atau landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit. “Saya sudah bertemu dengan Menhub dan menyampaikan perpanjangan runway dan beliau menyambut baik dan menjadi perhatian pusat. Tanah juga sudah clear and clean. Mudah-mudahan tahun depan perpanjangan runway Bandara Haji Asan Sampit  bisa dilaksanakan,” tandasnya.



Pos terkait