Jelang Iduladha, Rutan Digeledah

Jelang Iduladha Rutan Digeledah
Puluhan barang terlarang sitaan dari penghuni rutan dijejer di depan para pegawai rutan, usai digelarnya penggeledahan mendadak pada Senin (19/7). (alexander/radarsampit)

KUALA KAPUAS- Adanya beberapa blok kamar tahanan Rutan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas yang mencurigakan. Hal ini membuat para pegawai rutan melakukan operasi senyap, sebagai deteksi dini menjelang Iduladha, Senin (19/7).

Dengan dipimpin Kepala Keamanan Rutan (KPR) Kapuas Julianur, petugas setempat langsung menggeledah blok B kamar tiga dan empat tahanan. Tujuannya untuk mencari barang terlarang yang dibawa masuk ke sel tahanan.

”Dari hasil penggeledahan, tpegawai rutan berhasil menemukan barang terlarang seperti handphone, kabel, charger handphone, sikat gigi yang telah dimodifikasi menjadi tajam, sendok, headset, piring kaca, pemanas air, dan barang terlarang lainnya,” ujar kepala rutan kelas IIB Toni Aji Priyanto, Senin (19/7) lalu.

Dijelaskannya, penggeledahan tersebut diawali adanya laporan diduga masuknya barang terlarang kedalam blok kamar Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) seperti di Blok A1.1, Blok A1.2, Blok B, Blok C, Blok D dan Blok E, yang diselundupkan oleh para narapidana ke dalam kamar.

”Ini merupakan deteksi dini dan Antisipasi Gangguan Kamtib di Rutan kelas IIB Kuala Kapuas menjelang hari raya Iduladha, serta adanya laporan masuknya barang terlarang, setelah diperiksa ternyata benar, semua lagsung kami sita,”pungkas Toni.

Baca Juga :  Tiwah,Ritual yang Terus Dilestarikan

Ia menegaskan, untuk para narapidana yang kedapatan menyimpan barang terlarang masuk kedalam blok kamar rutan, akan diberikan sanksi tegas. Seperti dimasukan ke dalam sel isolasi.

”Pasti akan kami ambil tindakan tegas kepada yang bersangkutan agar adanya efek jerah, tidak boleh menerima barang dari keluarga dan lainnya,”tandas Toni. (der/gus)

 

 



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *