Kawasan Sungai Buun Bakal Disulap Jadi Kampung Pelangi

sungai buun
NORMALISASI SUNGAI: Proses normalisasi Sungai Buun RT 12, Kelurahan Baru, Kecamatan Arsel yang bakal disulap menjadi kampung pelangi, Sabtu (1/4/2023) (Istimewa/Radar Pangkalan Bun)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Sungai Buun yang bermuara ke Sungai Arut, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat  yang sebelumnya terlihat kumuh mulai mendapat penataan. Kondisinya saat ini mulai terlihat bersih selanjutnya sungai dan lingkungan sekitar bakal disulap menjadi kampung wisata bernama Pelangi.

Proses pengerukan sungai dengan menggunakan alat berat sudah hampir mendekati 80 persen, jernihnya air sudah mulai terlihat. Terlebih tidak jauh dari Sungai Buun yang mempunyai sejarah bagi kota Pangkalan Bun tersebut berdiri dengan megah Abdul Rasyid Tower dan Hotel Mercure.

Ketua RT 12 Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sandi Saputra mengatakan bahwa Sungai Buun saat ini dalam proses pengerukan untuk kemudian nantinya akan disulap menjadi sebuah kampung wisata yang diberi nama Kampung Pelangi.

“Yang pertama kita fokus pada pembenahan aliran Sungai Buun terlebih dahulu, setelah itu kita akan hiasi sepanjang aliran sungai dengan lampu-lampu berwarna-warni,” ujarnya.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat warga di sekitar dapat terdampak dengan keberadaan kampung pelangi, terutama dampak ekonomi.

Baca Juga :  PT.CBU Tbk Kembali Salurkan Paket Sembako

Kunjungan dari masyarakat untuk menikmati bersihnya Sungai Buun dengan pemandangan bangunan pencakar langit tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

“Kita harapkan keberadaan kampung pelangi dengan dukungan anggaran CSR dari perusahaan swasta mampu berdampak bukan saja terhadap lingkungan tetapi juga terhadap ekonomi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (tyo/sla)

 

 

 

 



Pos terkait