Keliling Dunia, Kapal Yacht Asing Rusak di Kumai, TNI AL Turun Tangan

kapal
BANTUAN: Dua turis asing yang menaiki Kapal Yacht saat mendapat bantuan dari TNI AL, Selasa (7/3). (IST/RADAR SAMPIT)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Kapal Yacht asing berbendera Switzerland mengalami kerusakan sistem listrik di perairan Sungai Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Selasa (7/3). Posal TNI Angkatan Laut Kumai jajaran Lanal Banjarmasin turun tangan membantu kapal yang di dalamnya ada dua turis tersebut.

Informasinya, kerusakan kapal ditemukan pada altenatornya. Kapal itu dilayari nakhoda kapal berkewarga negaraan Switzerland, Goerge bersama sang istri, Katherine.

Bacaan Lainnya

”Kapal tersebut mengalami rusak pada sistem kelistrikkan dan berusaha untuk diperbaiki sendiri. Setelah dua wisatawan asing melihat ada anggota TNI AL dan mencoba meminta pertolongan,” kata Danposal Kumai Letda (P) Rio Kusuma.

Melihat kondisi itu, pihaknya langsung menghampiri. Turis asing itu juga meminta bantuan mencari teknisi dan mengantar mereka mencari logistik, karena sudah kehabisan logistik.

”Anggota kami sedang berusaha mencarikan teknisi untuk memperbaiki altenator dan mengantar mereka mencari logistik. Kami juga  melakukan koordinasi dengan KSOP Kumai dan instansi terkait sambil menunggu proses perbaikan serta mengupayakan agar kapal bisa dilegokan di tepi sungai agar tidak mengganggu alur pelayaran,” ujarnya.

Baca Juga :  Satu ABK Wafat, Aktivitas Kapal Distop

Informasi dihimpun, sepasang turis mancanegara ini keliling dunia untuk berwisata dari  Singapura, Malaysia, menuju Bali. Kemudian menuju Kecamatan Kumai. (sam/ign)



Pos terkait