Kisah Pejuang Literasi dari Ransel Buku

Tingkatkan Minat Baca Anak Pinggiran Sungai

minat baca
BELAJAR: Kegiatan belajar mengajar di Ransel Buku digiatkan untuk meningkatkan literasi, sekaligus memotivitasi anak-anak terhadap pentingnya pendidikan. (FOTO: YUSHO RICKI PRAYOGA/RADAR SAMPIT)

”Total anak-anak di Ransel Buku ini hampir 50 orang yang dibagi per kelas. Setiap hari ada kegiatan rutin, baik itu bahasa Inggris, kelas komputer, kelas tari dan musik, dan lainnya,” ucapnya.

Tak hanya diam di rumah baca, Ransel Buku juga secara rutin menggunakan perahu mesin menyusuri Sungai Rungan membawa buku bacaan untuk anak-anak yang bermukim di pinggiran sungai.

Bacaan Lainnya

”Target tidak hanya anak yang putus sekolah, namun kepada anak secara keseluruhan. Hal ini karena tujuan kami ingin mengembangkan literasi kepada semua anak yang ada di Kota Palangka Raya, terutama yang ada di pinggiran sungai,” ucapnya.

Pria lulusan Universitas Palangka Raya ini mengungkapkan, antusiasme anak-anak mengikuti berbagai kegiatan belajar mengajar di Ransel Buku selama ini sangat luar biasa. Hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa anak-anak pinggiran sungai memiliki kesadaran yang besar terhadap pendidikannya sendiri.

Baca Juga :  Menteri Sosial Sering Marahi Pejabat ASN, Begini Kritikan Teras Narang

”Memang, selama pandemi sekarang ini ada batasan yang dilakukan, terutama soal protokol kesehatan. Namun, secara umum, minat anak-anak mengikuti berbagai kegiatan sangat bagus,” ucapnya.

Melihat tingginya antusias anak-anak Kelurahan Petuk Katimpun, Ferry berpendapat rendahnya literasi selama ini bukan karena anak-anak malas atau tidak mau belajar. Namun, mereka perlu dukungan sarana dan prasarana memadai. Mulai dari ketersediaan buku, alat penunjang, hingga fasilitas komputer untuk pendidikan teknologi dan informasi.

”Makanya, seperti kami di Ransel Buku, bahan bacaan itu yang dipilih semenarik mungkin. Ditambah lagi dengan ada belajar komputer, anak-anak pasti suka. Jadi, untuk meningkatkan minat baca ini, pastinya harus didukung dengan fasilitas yang memadai,” tandasnya. (***/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *