Lapangan Stadion 29 November Sampit Selesai, Masih Tunggu selama Ini Sampai Rumputnya Terlihat

rumput stadion 29 november sampit
SELESAI: Kepala Dispora Kotim Wim RK Benung bersama Kabid P2OR Dispora Kotim Irfansyah dan Konsultan Pengawas mengecek rumput Stadion 29 November, Rabu (23/11). (HENY/RADAR SAMPIT)

Pihaknya menggunakan rumput asli jenis Zoysia Matrea Linm yang umum digunakan untuk lapangan sepak bola berstandard nasional. Jenis rumput yang biasa digunakan untuk lapangan sepak bola, di antaranya Zoysia Matrella (ZM), Cynodon Dactylon (CD), Axonopus Compressus (AC), rumput sintetis, dan rumput campuran.

Ketiga rumput tersebut banyak digunakan sebagai dasar lapangan sepak bola. Dua rumput terakhir, yakni rumput sintetis dan campuran hanya pilihan.

Bacaan Lainnya

Rumput ZM atau biasa disebut rumput manila, menggunakan media tanam pasir dan umumnya ditemukan di area pinggiran pantai. Berwarna hijau pekat dibanding rumput lainnya. Memiliki tekstur yang tajam namun tetap aman untuk sepatu bola pemain.

Rumput ini dinilai cocok digunakan di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Rumput ini juga disebut-sebut memiliki kasta tertinggi dibandingkan rumput lain. Hal itu pula yang membuat kebanyakan stadion besar menggunakan rumput ZM seperti, Stadion Gelora Bung Karno dan Gelora Bandung Lautan Api.

Baca Juga :  Keluarga Tak Percaya Korban Gantung Diri, Ungkap Kisah di Baliknya

Rumput tersebut memiliki kekuatan akar yang baik. Perawatannya memerlukan pengelolaan tingkat tinggi, lebih sulit, dan biaya mahal. Harga jual rumput ZM berkisar Rp 80 ribu – Rp 120 ribu per meter persegi.

Jenis rumput kedua yakni rumput CD atau biasa disebut rumput bermuda. Rumput ini umum digunakan di stadion di Eropa, Asia Timur, dan negara yang beriklim dingin. Perawatan mahal dan rentan terkelupas apabila tersandung atau terkena gesekan. Harga jualnya tak jauh beda dengan rumput ZM, yakni dikisaran Rp 70 ribu – Rp 100 ribu per meter persegi.

Untuk rumput AC atau biasa disebut rumput gajah, sering ditemukan di taman dan alun-alun kota. Kekuatan akar rumput ini cukup baik. Memiliki daun yang lebih lebar, namun mudah rusak apabila terkena pul sepatu bola.

Pos terkait