Legislator Katingan Desak Pengawasan Ketat Obat Sirop

cough syrup
Ilustrasi. (net)

KASONGAN, radarsampit.com – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Rudi Hartono meminta Dinas Kesehatan mengawasi peredaran sejumlah obat sirup di apotek. Hal itu sebagai salah satu upaya mencegah munculnya penyakit gagal ginjal akut pada anak di Katingan.

”Saya minta ada pengawasan yang ketat. Bahkan, jika perlu dihentikan sementara peredaran sejumlah obat sirop yang masuk ke daftar Kementerian Kesehatan, ” kata Rudi, Rabu (26/10).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, persoalan penyakit gagal ginjal akut pada anak merupakan masalah serius dan menjadi kekhawatiran masyarakat. ”Maka, antisipasi sejak dini harus dimulai dari pengawasan hingga edukasi kepada masyarakat,” katanya.

Dia menuturkan, memang belum diketahui pasti penyebab penyakit gagal ginjal akut. Namun, tak ada salahnya jika obat yang dihentikan sementara tak diperdagangkan pada masyarakat sampai ada pemberitahuan resmi dari pemerintah.

”Sejak dini harus dilihat perkembangan ke depannya nanti. Jangan sampai ada bahaya dan risiko yang terjadi di depan mata. Mari cegah bersama-sama dan sampaikan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati mengonsumsi sirop pada anak,” katanya. (sos/ign)

Baca Juga :  Pengunjung Tempat Wisata Abai Prokes Covid-19

Pos terkait