Mau Kurban Takut Covid-19? Kurban Online Bisa Dimaksimalkan

hewan kurban
Ilustrasi. (Muhammad Faisal/Radar Sampit)

JAKARTA – Iduladha tinggal sekitar sepekan lagi. Pemerintah terus mengampanyekan supaya umat Islam tetap bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencanangkan pelaksanaan kurban online untuk menghindari pelanggaran prokes, khususnya di daerah PPKM darurat.

Keterangan tersebut disampaikan langsung Ketua Baznas Noor Achmad dalam seminar manajemen dan strategi prokes di Hari Raya Idul Kurban di Jakarta kemarin (13/7). ’’Di Idul Kurban ini kami terus canangkan kurban online,’’ katanya. Selain untuk mencegah kerumunan, dia mengatakan pemanfaatan teknologi digital oleh masyarakat saat ini semakin masif. Sehingga kurban online lebih mudah dan praktis.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Dia mengingatkan pemerintah sudah mengeluarkan panduan ibadah Iduladha, termasuk pemotongan hewan kurban. Di antaranya adalah pemotongan dilaksanakan di rumah potong hewan (RPH). Kemudian hanya dihadiri oleh panitia penyembelihan dan pekurban saja. Begitupun saat pendistribusian, tidak boleh menimbulkan kerumunan. Sehingga daging kurban harus diantar panitia ke rumah-rumah penerima.

Selain itu Noor mengatakan dengan kurban digital, semangat pemberdayaan masyarakatnya lebih luas. Khusus untuk kurban online Baznas, hewan kurbannya diambil dari 16 titik balai ternak binaan Baznas yang tersebar di penjuru Indonesia. Misalnya, Balai Ternak Baznas di Lombok Barat memiliki anggota 25 orang peternak dengan populasi ternak sebanyak 91 ekor sapi. Sementara di Balai Ternak Baznas di Bogor beranggotakan 47 peternak.

Baca Juga :  Hati-Hati Beli Hewan Kurban, Ada Sapi Tak Layak Jual

Noor mengatakan, pemotongan hewan kurban di balai ternak itu mematuhi ketentuan pemerintah. Mulai dari pemotongan di RPH atau tempat pemotongan hewan (TPH) sementara. Kemudian petugas pemotongan dalam kondisi sehat dan menggunakan alat pelindung diri (APD). ’’Dagingnya langsung dibagikan ke rumah mustahik,’’ jelasnya.

Merujuk website kurban online Baznas, hewan kurban jenis domba dan kambing dipatok mulai Rp 2,2 juta/ekor. Sedangkan untuk sapi Rp 17,5 juta/ekor.

Anggota Baznas Saidah Sakwan mengatakan, adanya pandemi Covid-19 berpengaruh dalam pola pendistribusian dan pengelolaan hewan kurban. Dia mengatakan tahun ini daging dari kurban online dibagikan merata ke 34 provinsi. Kemudian ada juga pengolahan daging kurban kemasan. Untuk perbandingan tahun lalu daging kurban yang dihimpun oleh Baznas disebar ke 24 provinsi. ’’Jadi ini kurban nusantara,’’ pungkasnya. (wan/jpg)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *