Mesir Mundur dari Olimpiade dan Digantikan Indonesia? Cek Fakta Sebenarnya

timnas indonesia u23
Potret para pemain Timnas Indonesia U23 yang sedang berlaga di ajang Piala Asia U-23 (PSSI)

Radarsampit.com – Beberapa hari ini sebuah video dari akun TikTok @indraaa.04 membuat heboh dunia maya. Video tersebut menyatakan bahwa Mesir secara resmi mengundurkan diri dari Olimpiade Paris 2024, yang akan digelar pada Juli mendatang.

Selain itu mereka mengklaim bahwa Presiden FIFA, Gianni Infantino, langsung menunjuk Timnas Indonesia sebagai pengganti Mesir yang memilih untuk mengundurkan diri.

Bacaan Lainnya

“Gemparkan dunia! Mesir secara resmi menyatakan mundur dari Olimpiade Paris bulan Juli mendatang,” tutur @indraaa.04 sebagai pembuka.

“Presiden FIFA, langsung tunjuk timnas Indonesia yang maju sebagai pengganti Mesir. Lantas alasan kenapa Mesir mundir? Simak berita selengkapnya berikut ini!” sambungnya.

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut telah ditonton oleh 2,5 juta orang dan mendapatkan 60 ribu likes. Tak hanya itu, banyak yang percaya dengan berita hoax yang disebarkan.

Baca Juga :  Mantan Pelatih Vietnam Peringatkan Timnas Indonesia

Komentar yang mempercayai berita hoax tersebut mayoritas mendukung penuh pengunduran diri Mesir dari Olimpiade dan menyambut dengan antusias Indonesia sebagai ganti.

“Wah, kesempatan emas buat Timnas kita nih! Semoga sukses!” kata @0v*rused.

“Gak sabar lihat Timnas Indonesia beraksi di Olimpiade. Pasti seru,” tulis @jac*iers.

“Akhirnya ada kesempatan buat Indonesia unjuk gigi di kancah dunia,” ucap @hun*ers.

Namun, faktanya, Mesir tidak pernah mengundurkan diri dari Olimpiade Paris 2024. Yang benar adalah Mesir mengundurkan diri dari Turnamen Toulon 2024, yang juga diadakan di Paris, Prancis.

Turnamen Toulon yang kini berganti menjadi Tournoi Maurice Revello merupakan turnamen internasional sepak bola U-23 yang pernah diikuti oleh Egy Maulana Vikri, yang bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Indonesia mengikuti turnamen tersebut sebagai pengganti Mesir yang memutuskan untuk mundur tanpa penjelasan mengenai alasannya.

“Menggantikan Mesir yang mengundurkan diri dari Tournoi Maurice Revello ke-50, kami dengan senang hati menyambut Indonesia,” tulis akun Instagram Tournoi Maurice Revello.



Pos terkait