Motif Penembakan Brigadir Yosua Multitafsir

brigadir joshua irjen pol ferdy sambo dan istrinya
Brigadir Yosua (kiri), Irjen Pol Ferdy Sambo (tengah) dan istrinya Putri Candrawathi (kanan). (Istimewa)

Kalau tidak, maka pelecehan dilakukan terhadap Brigadir Yosua. Karena pengakuan itu timbul setelah Brigadir Yosua meninggal dunia. “Logikanya apakah mungkin seorang pengawal berani melecehkan orang yang dikawal. Apalagi, untuk mengawal seorang istri perwira tinggi itu biasanya tidak hanya dilakukan satu orang pengawal,” paparnya.

Dia juga menuturkan, motif terjadinya pelecehan seksual ini apakah juga cukup untuk membuat seorang jenderal bintang dua menyelesaikan masalah dengan penyalahgunaan wewenang semacam itu. “Apakah mungkin secara logika umum,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Bagian lain, Irjen Dedi Prasetyo menambahkan, tim khusus melakukan pemeriksaan terhadap Sambo sebagai tersangka di Mako Brimob. Pemeriksaan terhadap Sambo itu bersamaan waktunya dengan rencana pemeriksaan dari Komnas HAM.

”Karena bersamaan hari pemeriksaannya, tim khusus dulu. Karena sifat pemeriksaan tim khusus ini pro justitia. Jadi belum bisa diperiksa Komnas HAM,” paparnya.

Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komnas HAM terkait pemeriksaan yang waktunya bersamaan tersebut. “Nanti Komnas HAM bisa memeriksa Sambo. Selain pemeriksaan terhadap Sambo, tim khusus juga memeriksa tersangka lainnya, asisten rumah tangga Sambo, Kuat. Pemeriksaan terhadap tersangka KM ini dilakukan di Bareskrim,” jelas jenderal bintang dua tersebut.

Baca Juga :  Sambo Akui Otaki Pembunuhan Yosua

Kasus ini, lanjutnya, segera akan dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Harapannya, secepatnya akan bisa digelar di persidangan. “Semoga cepat disidangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin ikut mengomentari perkembangan kasus penanganan pembunuhan Brigadir Yoshua. ”Kepolisian sudah melaksanakan apa yang diminta Presiden (Joko Widodo),’’ katanya di sela kunjungan kerja di Kalimantan Selatan kemarin (11/8).

Ma’ruf mengatakan, upaya pengusutan kasus FS oleh kepolisian itu juga mendapatkan apresiasi. Dia meminta masyarakat menunggu perkembangan lebih lanjut hingga kasus tersebut ditangani sampai tuntas.

Ma’ruf mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo meminta Polri melakukan upaya penuntasan kasus yang menyeret banyak oknum polisi itu. Dia berpendapat bahwa perintah Presiden itu sudah dijalankan. Mulai dari upaya membentuk tim khusus dan lainnya. Bahkan dalam perkembangannya sudah menetapkan sejumlah tersangka, termasuk Fredy Sambo. (idr/wan/ign)



Pos terkait