Optimalkan Anggaran 2023, Bupati Kotim Minta Tekan Pengeluaran di Luar Prioritas

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) mengoptimalkan anggaran tahun 2023 dengan menekan pos-pos pengeluaran
RAPAT: Kegiatan konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2023 di aula Kantor Bappelitbangda Kotim. (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meminta seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) mengoptimalkan anggaran tahun 2023 dengan menekan pos-pos pengeluaran di luar prioritas. Hal ini dikemukakan dalam Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kotim Tahun 2023, di aula Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbangda) Kotim baru baru ini.

“Saya minta seluruh SOPD optimalkan anggaran tahun 2023,” ujar Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Konsultasi publik dibuka Bupati Kotim Halikinnor dengan Wakil Bupati Kotim Irawati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Fajrurrahman. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kotim Rudianur serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kotim, dan seluruh Kepala SOPD beserta jajaran. Konsultasi publik juga diikuti sejumlah stakeholder.

Bupati Kotim Halikinnor menjelaskan, kebijakan pembangunan daerah tahun 2023 diarahkan pada pemantapan infrastruktur dan penguatan ekonomi masyarakat, didukung peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan tata kelola pemerintahan, guna terwujudnya Kotim nyaman, lestari, dan agamis.

Baca Juga :  Doakan ABHS Terus Berkembang Jadi Hotel Kebanggaan

“Agar target capaian prioritas pembangunan tersebut dapat terealisasi, maka penyusunan RKPD Kotim Tahun 2023 diarahkan pada prioritas daerah dengan memperhatikan hasil evaluasi kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kotim 2016-2021, dan isu-isu strategis tahun 2023,” ungkapnya.

Program dan kegiatan pembangunan daerah Kotim tahun 2023 diprioritaskan untuk mengatasi masalah-masalah pembangunan yang belum tercapai berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program kegiatan tahun sebelumnya, yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, efektif, efisien, dan berorientasi pada output, outcome, benefit dan impact yang terukur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

RKPD 2023 ini merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026 dengan visi pembangunan yaitu “Terwujudnya Kabupaten Kotawaringin Timur yang Mandiri, Maju dan Sejahtera”. (yn/yit)



Pos terkait