Parpol di Kotim Adu Siasat Mendulang Suara, Formasi Caleg Jadi Penentu

ilustrasi caleg
Ilustrasi caleg. (M Faisal/Radar Sampit)

SAMPIT, radarsampit.com – Persaingan merebut suara dalam Pemilu 2024 bakal menjadi arena tempur sengit para calon anggota legislatif untuk mendulang suara. Caleg menjadi ujung tombak partai politik agar bisa meraih kursi di lembaga legislatif sebanyak-banyaknya. Karena itu, susunan formasi caleg yang akan maju dalam gelanggang pemilihan disiapkan dengan maksimal.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Demokrat Kotim Jhon Krisli mengatakan, bakal caleg yang didaftarkan Demokrat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak asal-asalan. Pihaknya tak ingin memasang formasi caleg hanya untuk memenuhi kuota yang ditentukan.

Bacaan Lainnya

Jhon menegaskan, caleg yang akan bertarung dalam konstelasi pemilu bukan sekadar pelengkap. Ada sejumlah politikus senior dari partai politik lainnya yang terdaftar di Partai Demokrat. Bahkan, di dapil yang sama pun, dalam penyusunan caleg tidak fokus pada kekuatan satu orang.

”Semakin banyak suara yang didapatkan, maka itu semakin baik. Ini tentunya menjadi salah satu modal Partai Demokrat menaikkan jumlah perolehan kursi di lima dapil di Kotim,” kata Jhon, kemarin (28/4).

Baca Juga :  Jual Sabu dari Rumah, Usup Ditangkap Polisi

Jhon melanjutkan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan berkas masing-masing bakal caleg, di antaranya surat keterangan kesehatan dari RSUD dr Murjani Sampit, SKCK kepolisian, surat keterangan dari Pengadilan Negeri Sampit, dan legalisir KTP.

”Kami upayakan berkas ini lengkap nanti saat penyerahan dan pendaftaran ke KPU Kotim,” kata Jhon Krisli.

Dia melanjutkan, susunan bakal caleg yang akan didaftarkan sudah selesai. Pihaknya tinggal menunggu penetapan dari DPD dan DPP Demokrat. Setelah itu baru akan diserahkan ke KPU Kotim.

Mengenai komposisi dan susunan calegnya, Jhon enggak membeberkan. Dia tak ingin membuka lebih awal dan baru disampaikan secara resmi saat pendaftaran di KPU Kotim. ”Nanti akan diketahui saat didaftarkan ke KPU Kotim,” katanya.

Sementara itu, DPC Gerindra Kotim memastikan 40 orang calegnya siap didaftarkan ke KPU Kotim. Berkas yang disyaratkan pun telah lengkap. Mereka masih menunggu penetapan nomor urut dari DPC dan DPD Partai Gerindra.



Pos terkait