Pemkab Kobar Siap Cairkan Rp 31 Miliar Untuk THR dan TPP ASN Kobar

pns kobar
ILUSTRASI: Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kotawaringin Barat.

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat menyiapkan dana sekitar Rp 20 miliar untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat ini dana tersebut sedang diproses Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) untuk segera dicairkan.

Kepala BKAD Kobar, Rochim Hidayat mengatakan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 9 tahun 2023 telah diterbitkan pada 6 April lalu.

“Para ASN agar bersabar dipastikan Minggu ini sudah ada Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) keluar dan bisa dinikmati para ASN,” kata Rochim.

Selain THR para ASN juga bakal tersenyum lebar, pasalnya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) juga bakal cair sebelum lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. “Untuk TPP yang kita bayarkan adalah untuk bulan Januari dan Februari, saat ini masih kita proses, sebelum lebaran mudah-mudahan bisa selesai,” bebernya.

Rochim menjelaskan perihal keterlambatan pembayaran TPP akibat regulasi. Pasalnya Perbup harus ada perubahan karena kepala daerah saat ini diisi oleh Penjabat (Pj) sehingga prosedurnya harus difasilitasi melalui Gubernur, kemudian menunggu persetujuan Kemendagri melalui Ditjen Otonomi Daerah (OTDA).

Baca Juga :  Didatangi Satpol PP, PKL Buah Kalang Kabut 

“Saat ini sudah selesai baru kemarin (tanggal 10 April 2023) makanya ada keterlambatan akibat regulasi itu tadi, prosesnya cukup lama,” terang Rochim.

Tim BKAD sendiri hingga saat ini masih harus bekerja keras hingga lembur untuk menyelesaikan apa yang menjadi hak para ASN tersebut.

Cairnya THR dan TPP diharapkan bisa mendongkrak perputaran ekonomi masyarakat, meningkatnya daya beli dan perputaran uang di Kobar semakin besar.

Sedangkan untuk TPP sendiri pemkab Kobar menyiapkan dana sekitar Rp 11 miliar. Selain THR dan TPP, pada bulan Mei atau Juni nanti para ASN juga akan mendapat gaji ke-13.

Pada kesempatan ini Rochim berpesan agar para ASN bisa terus terpacu meningkatkan kinerja. Selain itu ia juga berpesan agar tidak menunjukkan sikap berlebihan ditengah masyarakat.

“Harapan kami para ASN juga bisa memberikan contoh dan tidak sombong diri, kalau memang ada kelebihan harta agar kiranya bisa saling membantu terhadap saudara-saudara kita yang kurang mampu, mari kita tunjukkan sebagai ASN yang baik,” ajak Rochim. (sam/sla)



Pos terkait