Pemprov Luncurkan Beasiswa Kalteng Berkah di Kotawaringin Timur

Rp 8 Miliar untuk 5.641 Orang

beasiswa
TINGKATKAN SDM:Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Kotim Halikinnor, Ketua TPP Kotim Khairiah Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati, beserta sejumlah mahasiswa Kotim, usai peluncuran beasiswa Kalteng Berkah untuk mahasiswa, Sabtu (6/1/2024). (Istimewa/Radar Sampit)

Beasiswa Kalteng Berkah untuk mahasiswa/mahasiswi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) resmi diluncurkan, oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, bertempat di Ikon Jelawat Sampit, Sabtu (6/1/2024). Program ini dalam rangka percepatan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Yuni Pratiwi, Sampit | radarsampit.com

Bacaan Lainnya

Peluncuran program beasiswa tersebut juga didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Kotim Halikinnor, Ketua TP PKK Kotim Khairiah Halikinnor, Wakil Bupati Kotim Irawati. Turut hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Muhammad Reza Prabowo,  dan sejumlah pejabat lingkungan Pemprov Kalteng serta Pemkab Kotim.

“Alhamdulillah kita sudah melaunching beasiswa Kalteng Berkah untuk mahasiswa di Kotim bertepatan dengan HUT ke 71 Kotim. Semoga tahun selanjutnya beasiswa dari misi Kalteng Berkah terus naik,” kata Gubenur Kalteng Sugianto Sabran, di sela launching.

Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja pertama nya ke Kotim di tahun 2024. Dijelaskannya, program beasiswa tersebut untuk mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng fokus dalam percepatan peningkatan kualitas SDM.

Baca Juga :  Demi Menjaga Nilai Sejarahnya, Pemkab Kotim Siap Biayai Festival Bubur Asyura

Diungkapkan, jumlah mahasiswa di Kalteng kurang lebih 42.243 orang, termasuk 10 persen dari luar daerah. Seperti dari Papua dan Sumatera yang menempuh pendidikan perguruan tinggi di Kalteng.”Saya minta Dinas Pendidikan mendata mahasiswa yang betul-betul tidak mampu sebagai penerima beasiswa,” tegas Sugianto Sabran.

Dirinya juga berpesan kepada mahasiswa agar jujur mengenai kondisi ekonomi mereka. Sebab menurutnya,  generasi ke depan harus memiliki integritas.

“Anggaran kita berasal dari masyarakat yang membayar pajak. Saat ini beasiswa Kalteng Berkah Rp1,5 juta untuk setiap mahasiswa. Insya Allah tahun 2024-2025 naik menjadi Rp10 juta per mahasiswa dan terus berlanjut naik lagi. Saya perkirakan APBD kita (Kalteng) tahun 2025 jika menyentuh 15 Triliun. Maka beasiswa kalteng berkah bisa tembus Rp15 juta,” papar Sugianto.



Pos terkait