Pergerakan Penumpang dari Sampit Masih Tinggi

MUDIK
MUDIK SUSULAN: Penumpang KM Kirana I masih menunggu keberangkatan menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang di pintu masuk Terminal Penumpang Pelabuhan Sampit, Rabu (11/5). (HENY/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, RadarSampit.com Pelaku perjalanan yang melakukan keberangkatan dari Kota Sampit melalui moda transportasi darat, laut, dan udara pada arus balik Lebaran 1443 Hijriah masih tinggi. Hal tersebut dilihat dari data penumpang yang melakukan perjalanan, baik datang maupun berangkat dari dan ke Kota Sampit pada momen arus mudik dan arus balik.

”Kami melakukan rekap data penumpang arus mudik dari H-15 sampai H-1 dan arus balik H+1 sampai H+15 menunjukkan masih banyak penumpang yang berangkat melakukan mudik susulan dari Kota Sampit menuju luar daerah Kotim,” kata Johny Tangkere, Kepala Dinas Perhubungan Kotim.

Bacaan Lainnya

Seperti pada layanan transportasi udara di Bandara Haji Asan Sampit, tercatat sejak arus mudik H-15  atau terhitung 17 April 2022 sampai H-1 (1 Mei 2022), jumlah keberangkatan sebanyak 2.753 penumpang. Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan jumlah kedatangan penumpang sebanyak 2.270 orang.

Baca Juga :  Arus Balik Laut dan Udara Kian Padat

Demikian pula pada pergerakan arus balik Lebaran yang terhitung sejak H+1 sampai H+6. Tercatat jumlah penumpang berangkat jauh lebih banyak, yakni sebanyak 1.190 orang dibanding penumpang yang datang ke Sampit sebanyak 919 orang.

Data kedatangan dan keberangkatan penumpang tersebut merupakan gabungan dari tiga operator pelayanan maskapai penerbangan, yakni Wings Air, NAM Air, dan Citilink yang melayani rute penerbangan Sampit-Surabaya dan Sampit-Jakarta, serta Sampit-Banjarmasin pada hari-hari tertentu.

Pergerakan perjalanan meningkat di Terminal Patih Rumbih. Ada empat penyedia jasa angkutan darat, di antaranya perusahaan otobus (PO) Logos, Yessoe, Agung Mulia, dan Damri yang melayani penumpang rute Sampit-Pangkalan Bun, Sampit-Palangka Raya, Sampit-Banjarmasin, dan Sampit-Pontianak.

Dari laporan data yang direkap Dishub Kotim, tercatat jumlah keberangkatan penumpang angkutan transportasi darat yang menggunakan bus pada arus mudik Lebaran sejak H-15 sampai H-1 sebanyak 1.879 penumpang, 1.785 penumpang datang dan 7.727 lainnya penumpang transit di Terminal Patih Rumbih. Untuk penumpang arus balik H+1 sampai H+7, ada sebanyak 983 orang yang datang dan 1.098 orang yang berangkat dan 4.539 orang transit.



Pos terkait