Ramai-Ramai Mengutuk Pembuang Bayi, Pelaku Dinilai Lebih Kejam dari Binatang

Kejahatan keji pembuangan bayi yang kembali terulang harus segera dihentikan
Ilustrasi. (M Faisal)

SAMPIT – Kejahatan keji pembuangan bayi yang kembali terulang harus segera dihentikan. Perilaku biadab itu dinilai bukan perbuatan manusia normal. Bahkan, disebut-sebut lebih kejam dari binatang. Pelaku layak dihukum seberat-beratnya karena berupaya merampas kehidupan anak tak berdosa.

Demikian respons yang dihimpun Radar Sampit terkait peristiwa penemuan bayi dengan kondisi memprihatinkan di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Minggu (12/12) lalu. Publik meradang dan ramai-ramai mengutuk perbuatan yang diduga kuat dilakukan orang tua bayi tersebut.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

”Binatang buas sekalipun, singa misalnya, sayang pada anaknya. Bahkan, saya pernah punya kucing yang kehilangan anaknya, sang ibu mencari seharian. Pembuangan bayi itu memperlihatkan pelakunya lebih kejam dari hewan,” kata Dewi, warga Baamang, Sampit, Senin (13/12).

Karyawati sebuah perusahaan swasta ini mengaku geram saat membaca berita terkait pembuangan bayi tersebut. Dia menduga pelakunya orang tuanya sendiri yang mencoba merampas hak hidup anaknya. Pasalnya, apabila tak segera ditemukan, bayi perempuan itu bisa saja meninggal karena diletakkan begitu saja tanpa alas dan pakaian.

Baca Juga :  Setelah Ledakan, Barak Enam Pintu Terbakar

”Seharusnya, jika tak sanggup merawat atau malu karena hasil hubungan gelap sekalipun, bayi yang dilahirkan diberikan pada orang lain, bukan dibuang dengan cara seperti itu,” katanya.

Wakil Bupati Kotim Irawati juga berang dengan perbuatan pelaku. Sebagai seorang ibu, dia mengutuk orang tua yang dengan sengaja menelantarkan bayi perempuan tersebut. ”Sungguh biadab perlakuan orang tuanya. Binatang saja melindungi anaknya,” katanya.

Apabila kasus tersebut terungkap dan pelakunya diringkus, Irawati berharap diberikan hukuman seberat-beratnya agar kejadian itu tidak terus terulang. ”Harapan saya pelaku dihukum seberat-beratnya biar ada efek jera. Agar tidak terjadi lagi kasus serupa pembuangan anak,” ujarnya.

Irawati yang menyempatkan diri membesuk bayi tersebut di RSUD dr Murjani Sampit, mendoakan agar bayi yang dia panggil dengan nama Siti Aisyah itu menjadi anak yang solehah dan memiliki masa depan cerah.



Pos terkait