Realisasi Penyerapan Kotim Tertinggi se-Kalteng

rakor
RAKOR: Rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi (Rakordalev) kegiatan pembangunan daerah Triwulan I, Senin (17/4). (YUNI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Berdasarkan rapat tim percepatan penyerapan anggaran (TEPRA) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada 12 April 2023, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tercatat sebagai kabupaten dengan realisasi penyerapan anggaran tertinggi untuk triwulan I tahun 2023.

Bupati Kotim Halikinnor meminta laporan hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan pada triwulan I  menjadi bahan evaluasi kinerja terhadap masing-masing kepala perangkat daerah untuk perbaikan pada pelaksanaan kegiatan triwulan II, khususnya untuk penyerapan belanja modal. Belanja modal sebagai pendorong laju pertumbuhan ekonomi dan hasil pembangunannya paling cepat dirasakan oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Rakordalev digelar sebagai amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk melaksanakan pengendalian dan evaluasi dengan tujuan meningkatkan koordinasi dan evaluasi guna perbaikan penyempurnaan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tahap selanjutnya.

Halikinnor menyampaikan target belanja yang harus dicapai pada triwulan I adalah realisasi keuangan sebesar 20 persen dan realisasi fisik di atas 20 persen. Oleh karena itu, rapat koordinasi yang telah dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengetahui sejauh mana progres pelaksanaan kegiatan pembangunan pada triwulan I  tahun 2023.

Baca Juga :  Kejati Siap Terlibat Sengketa Bandara Tjilik Riwut

“Kegiatan ini pening digelar untuk mengetahui apakah telah memenuhi target atau tidak, mengidentifikasi permasalahan yang menjadi hambatan dan menyusun rencana aksi untuk melakukan percepatan pencapaiannya,” kata Halikinnor  pada rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi (rakordalev) pembangunan daerah Triwulan I di aula Sei Mentaya Bappelitbangda Kotim, Senin (17/4).

Berdasarkan data realisasi per 31 Maret 2023 dari total belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp 2.091.135.900.669 tercatat capaian realisasi keuangan sebesar Rp 324.828.965.267 atau sebesar 15,55 persen, sedangkan realisasi fisik sebesar 17,40 persen.



Pos terkait