Satwa Langka Ini Nyaris Tenggelam, Begini Nasibnya

bekantan
LANGSUNG DILEPASKAN: Bekantan yang berhasil diselamatkan setelah nyaris tenggelam di Sungai Mentaya, langsung dikembalikan ke habitat asalnya, Rabu (4/8). (BUDDI/RADAR SAMPIT)

SAMPIT – Pengemudi kelotok berhasil menyelamatkan seekor bekantan yang nyaris tenggelam di Sungai Mentaya. Evakuasi satwa dilindungi itu kemudian dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit.

”Bekantan betina itu diselamatkan dengan cara diikat, kemudian dibawa ke pelabuhan. Kami yang mendapat laporan langsung ke lokasi,” kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Rabu (4/8).

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Setelah di lokasi dan melihat kondisi satwa itu baik dan sehat, pihaknya langsung mengembalikan satwa itu ke habitatnya di Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau. ”Karena kami khawatir akan menimbulkan keresahan bagi warga sekitar PPM, bekantan itu langsung kami bawa ke tempat asalnya,” ucap Muriansyah.

Muriansyah menuturkan, kasus serupa telah terjadi sebanyak lima kali dalam empat tahun belakangan. Penyebabnya diduga karena habitat asli bekantan rusak, sehingga mereka berusaha mencari makan ke tempat lain.

”Kami imbau kepada warga yang memelihara atau menemukan satwa dilindungi segera melapor ke BKSDA Sampit. Ini untuk menjaga kepunahan hewan-hewan itu,” tegasnya. (rm-106/ign)



Baca Juga :  AKHIRNYA!!! Penyebaran Covid-19 di Kotim Mulai Terkendali

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *