Setahun Berlalu, Ruas Jalan Ini Tak Ditangani Sesuai Janji

jalan
DITANGANI PERUSAHAAN: Anggota DPRD Kotawaringin Timur saat meninjau perbaikan jalan poros Tanah Mas beberapa waktu lalu. (Foto: ANTARA/HO-DPRD Kotim)

SAMPIT – Perbaikan dan penanganan ruas jalan poros Kelurahan Tanah Mas, Kecamatan Baamang, belum juga terealisasi sampai sekarang. Padahal, sudah setahun berlalu sejak ruas itu disepakati ditangani melalui konsorsium dua perusahaan di daerah itu, yakni PT Sinar Jaya Inti Mulia (SJIM) dan PT Nusantara Docking Sejahtera

”Kami sangat menyesalkan, karena masyarakat juga merasakan dampaknya. Tadi kami merasakan sendiri jalannya mulai rusak, karena selama ini memang cuma diratakan dengan tanah,” kata anggota Komisi IV Bima Santoso.

Bacaan Lainnya

Bima bersama Ketua Komisi IV Muhammad Kurniawan Anwar, Sekretaris Komisi IV Nadie, dan Anggota Komisi IV Bunyamin, berkunjung ke Kelurahan Tanah Mas untuk memantau keberadaan terminal khusus untuk kepentingan sendiri (TUKS) di kawasan itu.

Untuk menuju lokasi, rombongan menyusuri jalan poros Tanah Mas yang panjangnya sekitar 5,2 kilometer. Jalan tanah banyak lubang, sehingga kurang nyaman dilewati masyarakat maupun angkutan perusahaan.

Berdasarkan hasil rapat Komisi IV yang dihadiri pemerintah kabupaten dan perwakilan dua perusahaan pada 23 Juli 2020 atau hampir setahun lalu, disepakati bersama jalan itu akan ditangani konsorsium perusahaan dan pemerintah daerah.

Baca Juga :  MANTAP!!! Kotim Bisa Bangun Infrastruktur tanpa APBD

Jalan tersebut rencananya akan ditingkatkan menjadi rigit pavement atau cor beton agar lebih kuat. Termasuk jika dilintasi kendaraan berat, seperti truk milik perusahaan.

Bima mendapat informasi bahwa perusahaan di kawasan itu, yaitu PT Sinarjaya Inti Mulya menyatakan siap melaksanakan kesepakatan. Namun, kini justru pemerintah kabupaten yang belum memberi kejelasan kapan rencana itu direalisasikan.

”Kan kesepakatannya itu separuh diperbaiki konsorsium dan separuhnya lagi oleh pemerintah daerah. Sekarang pihak perusahaan sudah siap, tinggal menunggu kesiapan pemerintah daerah saja lagi,” kata Bima.

Saat dikonfirmasi, Perwakilan PT Sinarjaya Inti Mulya Audy Valent mengatakan, perusahaan sudah menyiapkan anggaran. Pihaknya berkomitmen membantu perbaikan jalan tersebut.

”Pimpinan kami malah berulang kali menanyakan, kapan perbaikan itu mulai dilaksanakan. Perusahaan kami sudah siap. Kami menunggu kabar dari pemerintah daerah saja lagi. Kalau mau dimulai, kami siap,” tegas Audy. (ang/ign)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *