Soal Sampah di Kota Sampit, Warga Bisa Bayar Jasa Pembuangan

petugas kebersihan
Sejumlah petugas kebersihan ketika mengangkut sampah yang ada di Jalan Pelita Barat Sampit, baru-baru tadi. (yuni/radarsampit)

Faktor yang lain menurutnya, karena keterbatasan depo sampah yang ada di wilayah ini. Dimana kebanyakan masyarakat akan membuang sampah di sembarang tempat karena merasa depo sampah jauh dari lokasi tempat tinggalnya.

“Depo sampah kita masih sangat terbatas dan untuk tempat-tempat yang jauh dari depo sampah terjadilah seperti ini, jadi dibuang di pinggir-pinggir jalan,” sebutnya.

Di Kecamatan  Mentawa Baru Ketapang sendiri kata Eddy, ada beberapa titik yang yang dijadikan sasaran warga untuk membuang sampah. Antara lain di Jalan MT Haryono Barat, kemudian di Jalan Sawit Raya dan di sekitar jembatan kayu jalan Mulyono Sampit, juga  banyak sampah dibuang di pinggir jalan.

“Kami dari kecamatan dan kelurahan juga cukup kewalahan, karena hampir setiap minggu membuang sampah-sampah ini. Tapi masyarakat ketika melihat kita membuang ternyata mereka malah senang, justru semakin tidak ada kesadaran, karena mereka merasa sampah yang mereka lempar di sini ada yang membuang. Ini yang mereka lanjutkan,” papar Eddy.

Langkah selanjutnya agar pembuangan sampah di sembarang tempat tidak terulang lag,i pihaknya akan minta dari kelurahan untuk mengawasi, pihak kecamatan juga akan turut membantu untuk mengawasi.

Baca Juga :  Citibank Ditunjuk Menjadi Mitra Distribusi

“Kami juga akan memasang lagi imbauan pada warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya. (yn/gus)

 

Pos terkait