Tips Merawat Sepeda Motor Listrik

motor listrik ion m1 s dery ridwansah 3
Sepeda motor listrik Ion M1-S (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

RadarSampit.com – Tren Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik telah dimulai di Indonesia. Dimulai dari adopsi yang paling murah yakni sepeda motor, mobil sampai bus kota sebagai angkutan umum, sedikit banyak masyarakat mulai mengetahui dan tak sedikit yang menyatakan minatnya memiliki EV.

Di kota besar, banyak motor dan mobil listrik sudah terparkir di banyak tempat sebagai piranti mobilitas warga. Khusus untuk motor listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat agar roda dua bertenaga baterai mereka bisa punya umur panjang.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Sebagai salah satu pemilik kuda besi berbasis listrik, penting untuk mengetahui cara perawatannya. Sejatinya, perawatan kendaraan ramah lingkungan ini memang lebih mudah dari pada motor bermesin konvensional.

Namun, agar usia pakainya bisa lebih lama, ada beberapa hal yang perlu dihindari pemilik sepeda motor listrik. Apa saja? Silakan disimak.

Jaga Baterai dari Kemungkinan Terkena Air

Baca Juga :  Yamaha Mio M3 125: Tampil Lebih Segar dengan Warna dan Desain Terbaru

“Untuk motor listrik sebetulnya sama saja seperti merawat sepeda motor kebanyakan. Namun yang paling perlu diperhatikan adalah baterai,” jelas Budi Kristianto, Sales Manager Treelektrik, salah satu pabrikan sepeda motor listrik yang turut memeriahkan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 kepada JawaPos.com.

Motor penggerak listrik sendiri dipastikan kuat dan tahan dari air. Hanya yang perlu dijaga adalah baterainya. Hindari terkena air baik sengaja dicuci dengan diarahkan langsung ke baterai atau sengaja diajak berenang melintasi banjir.

“Motor listrik sendiri, terutama milik kami dipastikan kuat dan tahan air. Kalau sekadar hujan, genangan atau banjir pendek sangat aman. Namun untuk usia pakai lebih lama, jangan sengaja menyemprot baterai dengan air. Kalau mau dicuci, lepas dulu baterainya,” lanjut Budi.

Hindari Baterai Selalu dalam Keadaan Low

Hal selanjutnya yang perlu dihindari pemilik sepeda motor listrik supaya tunggangannya awet adalah tidak mengecas selalu dalam keadaan baterai sudah low atau dibawah 25 persen. Seperti halnya perangkat elektronik kebanyakan, kebiasaan ini memang sepatutnya dihindari.



Pos terkait