Warga Pangkalan Bun Tumpah Ruah Saksikan Pawai Tanglong

Pawai Tanglong
Sekda Kobar Rodi Iskandar melepas pawai obor (tanglong) dalam rangka memeriahkan lebaran Idul Adha 1445 hijriah, peserta di lepas dari depan rumah jabatan Bupati Kobar, Minggu (16/6/2024) pukul 19.30 WIB. (Istimewa)

PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ribuan warga Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), tumpah ruah di Jalan Pangeran Antasari untuk menyaksikan pawai obor (tanglong) dalam rangka memeriahkan lebaran Iduladha 1445 Hijriah, Minggu (16/6/2024) pukul 19.30 WIB.

Pawai tanglong diikuti peserta dari satuan pendidikan SMP/MTs sederajat, SMA, SMK, MA, MAK sederajat, pondok pesantren, pengurus masjid, musala, majelis ta’lim dan ormas Islam, dan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD). Meski tidak semua undangan mengikuti acara pawai tanglong, pawai tetap berlangsung meriah.

Bacaan Lainnya

Pawai tanglong yang merupakan agenda PHBI Kobar mendapat apresiasi dari masyarakat luas, mereka rela menunggu acara dimulai, penumpukan penonton terlihat di depan Istana Kuning, dan rujab Bupati Kobar.

Warga Kota Pangkalan Bun Edi menyampaikan harapannya agar kegiatan pawai tanglong dapat lebih meriah lagi dilaksanakan, dengan peserta yang lebih banyak.

“Saya lihat justru peserta dari unsur pemerintah daerah yang tidak ada, ke depan kita berharap lebih banyak peserta dan lebih meriah,” harapnya.

Baca Juga :  Imigrasi Sampit Terbitkan 4.718 Paspor di Tahun 2023

Ketua PHBI Kabupaten Kobar Rustam Effendi mengatakan, kegiatan pawai obor merupakan program kerja dari PHBI, kegiatan dilaksanakan sebagai media dakwah Islam bagi masyarakat Kobar pada umumnya dan masyarakat Kalteng pada khususnya.

Selain itu, kegiatan juga sebagai media untuk menjalin tali silaturahmi dan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat yang sudah dijalankan secara turun temurun.

“Peserta berjalan kaki, serta ada mobil yang dihias dan akan dinilai oleh dewan juri dan pemenang mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan,” terangnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar Rodi Iskandar mengatakan, pawai tanglong merupakan bentuk syiar Islam dalam rangka merayakan Iduladha 1445 Hijriah, dan merupakan sarana untuk mempertahankan tradisi dan seni sebagai kearifan budaya lokal di Bumi Marunting Batu Aji.

Selain itu juga dijadikan sebagai momentum untuk mengagungkan asma Allah SWT dan meningkatkan semangat kurban sekaligus sebagai media mempererat tali silaturahmi bagi umat muslim dan masyarakat Kobar.



Pos terkait