Waspada! Katingan Mulai Dikepung Karhutla

karhutla katingan
KARHULA : Tim gabungan menangani kebakaran  lahan yang terjadi di Desa Hampalit, Kereng Pangi, Kabupaten Katingan. (ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

KASONGAN, radarsampit.com – Kebakaran lahan terus terjadi di Kabupaten Katingan. Terbaru di area Jalan Tjilik Riwut kilometer 28 Kereng Pangi, kepulan asap tebal menutup pandangan warga pada Kamis (10/8) siang sekira pukul 13.30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan Markus mengatakan, kebakaran di Desa Hampalit,  Kecamatan Katingan Hilir tersebut awalnya dilaporkan seorang warga setempat Bernama Hefni.

Bacaan Lainnya

Pelapor menyebutkan ada lahan di pinggir jalan Tjilik Riwut terbakar, kobaran api membesar.

“Tim pemadam bersama relawan dan polisi langsung bergerak menuju titik yang terbakar. Namun, butuh waktu 120 menit atau dua jam untuk memadamkan api yang melahap area tersebut,” kata Markus.

Menurutnya, kebakaran di Kecamatan Katingan Hilir ini menjadi area terbanyak jika dibandingkan dari kecamatan lainnya di Kabupaten Katingan dan ini menjadi peringatan untuk seluruh pihak dalam penanganan kebakaran.

Baca Juga :  Dermaga Kuliner Kelurahan Baru Porak-Poranda Diterjang Angin

“Di awal Agustus, memang sudah banyak laporan titik api yang masuk ke kami. Pemerintah terus menyatakan siaga dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan,” tegasnya.

Markus menegaskan, tim pemadam terus disiagakan ke sejumlah posko penagamanan bersama unsur lainnya. “Semua elemen tim gabungan Damkar, BPBD, polri, TNI, Mangala Agni dan masyarakat wajib membantu dalam proses penanggulangan,” pungkasnya. (sos/fm)

 



Pos terkait