Waspadai Pohon Rawan Tumbang

BPBD Lamandau,pohon tua
Sejumlah petugas dari BPBD Lamandau ketika memangkas sejumlah pohon tua, yang berpotensi tumbang ketika diterpa hujan deras dan angin kencang,kemarin.(ria/radarsampit)

NANGA BULIK, RadarSampit.com-Cuaca ekstrim berupa hujan deras dan angin kencang cukup sering terjadi dalam sepekan terakhir di wilayah Kabupaten Lamandau. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk lebih waspada , terutama terhadap pohon-pohon tua yang rawan tumbang.

“Dalam beberapa hari terakhir kami mendapatkan laporan dan permintaan bantuan untuk penebangan pohon-pohon yang rawan tumbang. Seperti di Jl Melati dan di lokasi pemakaman muslim RT 4 Nanga Bulik,” ujar Plt kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Gustoni.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

Ia menjelaskan, saat hujan deras dan angin kencang, pohon-pohon tua tersebut bisa sangat berbahaya . Dapat menimpa rumah, fasilitas umum, maupun pengendara yang melintas. Sehingga akan lebih aman jika dipangkas.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan , kami bisa membantu melakukan penebangan dan pembersihan, tanpa dipungut biaya,” tegas Gustoni.

Hal itu dilakukan, karena penting bagi masyarakat untuk sadar dan waspada terhadap ancaman atau potensi bencana yang bisa tiba sewaktu -waktu. Sehingga melakukan pencegahan sangat dianjurkan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin muncul dari dampak bencana alam tersebut.

Baca Juga :  Anak Pemilik Rumah Nyaris Disambar Api

” Untuk banjir masih belum, karena kondisi air sungai Lamandau masih surut. Namun yang patut diwaspadai adalah angin ribut atau puting beliung, serta hujan deras disertai petir,” tandas Gustoni.(mex/gus)



Pos terkait