Waspada Penipuan Via Online

Penipuan Via Online
TEKS: Yudhi KarliantoManan

PALANGKA RAYA –Belakangan ini banyak sms atau whatsapp yang mengatakan bahwa sasaran yang dituju mendapatkan hadiah berkah Ramadan. Melihat kondisi itu kalangan anggota DPRD Kota Palangka Raya mengingatkan masyarakat jangan terkecoh dengan sms yang mengatakan menang undian atau mendapatkan hadiah tersebut.

Seperti yang diungkapkan Anggota DPRD Kota Palangka Raya Yudhi KarliantoManan, yang meminta masyarakat mewaspadai aksi penipuan online dengan modus berkah Ramadan. Karena belakangan ini sudah mendapat laporan dari masyarakatnya.

Bacaan Lainnya
Pasang Iklan

“Waspada bentuk penipuan melalui online. Sekarang banyak pesan pendek mendapat hadiah berkah Ramadan. Jangan percaya. Lebih baik abaikan saja, karena sudah tentu itu adalah penipuan, bahkan ada juga yang melalui telepon,” katanya saat dibincangi belum lama ini.

Dirinya juga meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan adanya modus penipuan tersebut. Apalagi hanya dengan mengklik link yang kepastiannya belum diketahui. Bahkan bisa jadi data yang ada diseluler akan disadap pelaku.

Baca Juga :  Waspadai Mamin Kedaluarsa Jelang Idulfitri

“Warga kita sering saja mendapatkan link penipuan online itu melalui via chat whatsapp, kadang ada yang ditanggapi dan ada juga yang diabaikan, sehingga tidak masuk dalam perangkap para pelaku penipuan tersebut,” cetus Yudhi.

Ia menambahkan, selama pandemi Covid-19 memang marak modus penipuan melalui telepon, SMS maupun melalui pesan WhatsApp agar tidak menjadi korban, sebaiknya warga mengabaikan hal tersebut.

“Pada intinya kalau ingin dapat uang mari bekerja, kalau berharap dari undian serta lain sebagainya itu tidak mungkin apalagi di zaman sepertiini, andai pun ada hendaknya selidiki sumbernya, atau menghubungi langsung kantornya,” tandas Yudhi.(agf/gus)



Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *