Belum Banyak yang Tahu, Begini Indahnya Dukuh Betung Tumbang Liting

TEDUH: Keindahan alam di Dukuh Betung Tumbang Liting, Kabupaten Katingan. Tempat wisata alam ini akan sgera dibuka untuk umum dalam beberapa waktu ke depan.(KRISTINA PUTRI/RADAR SAMPIT)

KASONGAN – Keindahan alam Kalimantan Tengah dikenal sangat memukau, salah satunya wisata alam Dukuh Betung Tumbang Liting, Kabupaten Katingan. Wisata alam ini masih belum banyak diketahui masyarakat Kalimantan Tengah. Padahal lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi wisata alam ini berada di pinggir jalan besar dari Kota Kasongan menuju Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir. Untuk menuju objek wisata ini pengunjung harus masuk kurang lebih sekitar empat kilometer dari jalan besar.

Bacaan Lainnya

Selain menyuguhkan keindahan Sungai Liting yang menjadi sumber penghidupan masyarakat setempat, para pengunjung bisa melihat langsung kondisi hutan perawan di kawasn tersebut.

Pengembangan potensi wisata alam ini mulai digarap Pemerintah Kabupaten Katingan dengan membangun jembatan kayu untuk menyusuri pinggiran sungai.

Amir salah satu petugas pengelola destinasi wisata Sungai Liting mengatakan bahwa jembatan untuk wisata ini dibangun Pemkab Katingan sekitar tahun 2004 lalu. “Dukuh Betung Tumbang Liting merupakan salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Katingan yang menawarkan keindahan Sungai Liting,” katanya.

Menurutnya sementara ini kawasan wisata tersebut belum sepenuhnya dibuka untuk umum, hanya saja bagi orang-orang yang sudah mengetahui tempat wisata ini tetap diperbolehkan datang dan menikmati keindahan Sungai Liting.

“Rencananya wisata Sungai Liting akan resmi dibuka tahun ini setelah selesainya pembangunan tempat parkir, pos penjagaan, loket tiket, dan toilet serta infrastruktur pendukung lainnnya guna menunjang kenyamanan para wisatawan,” terangnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *