Pendataan Keluarga 2021 sudah Dimulai

PROGRAM BKKBN: Keluarga Bupati Kotim Halikinnor ketika menjadi orang pertama di Kotim yang didata saat petugas Pendataan Keluarga 2021, di rumah jabatan bupati, Jalan A Yani Sampit, baru-baru tadi. (ISTIMEWA )

Keluarga Bupati Pertama Didata  

SAMPIT-Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) sudah dimulai pada 1 April lalu, yang akan berlangsung sampai 31 Mei 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara simbolis dengan pendataan awal yang dimulai dari keluarga Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor di rumah jabatannya Jalan A Yani Sampit, baru-baru tadi.

Bacaan Lainnya

Pendataan dilakukan secara langsung oleh kader pendata dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPPAPPKB) Ellena Rosie kepada Bupati Kotim yang didampingi oleh Ketua TP PKK Khairiyah Halikinnor. Pendataan dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang langsung di input melalui Aplikasi Smartphone yang sudah ditetapkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.

Pendataan keluarga ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Dalam pelaksanaannya petugas pendataan akan mengunjungi setiap keluarga dari rumah ke rumah dengan wawancara dan observasi.

Ellena Rosie menjelaskan, BKKBN melakukan pendataan keluarga sebagai amanat Undang-Undang  52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Peraturan Pemerintah Nomor 87 tentang Perkembangan Kependudukan, Pembangunan Keluarga, Keluarga Berencana, dan Sistem Informasi Keluarga.Dengan dimulainya pendataan Keluarga Nasional secara serentak Halikinnor mengajak seluruh masyarakat Kotim khususnya untuk menyukseskan pendataan keluarga tersebut, dan berharap kegiatan pendataan dapat berjalan dengan lancar.

Pada kesempatan itu, Halikinnor mengajak masyarakat Kotim untuk mensukseskan pendataan keluarga tahun 2021. Mengingat saat ini dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. “Pendataan adalah awal perencanaan keluarga, karena berencana itu keren,”ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *