Kotim akan Bangun Pabrik Pengolahan Porang

PANEN PERDANA: Bupati Kotim Halikinnor saat panen perdana porang di Jalan Jenderal Sudirman Km 15 April lalu.(DOK.YUNI/RADAR SAMPIT )

SAMPIT – Pabrik pengolahan porang bakal dibangun di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Potensi lahan di Kotim dinilai memadai untuk pengembangan porang.

”Insya Allah Juli ini akan membangun pabrik pengolahan tepung porang di Kotim. Saya minta paling lambat akhir Juli sudah peletakan batu pertama pembangunan pabrik,” kata Bupati Kotim Halikinnor.

Bacaan Lainnya

Dibangunnya pabrik pengolahan porang, tutur Halikinnor, untuk meningkatkan perekonomian di Kotim. Apalagi budidaya porang cukup menjanjikan.

Diharapkan dengan adanya pabrik porang terbentuk pasar porang di Kotim dari luar daerah. Dengan adanya pabrik tersebut, hasil budidaya masyarakat dapat langsung diolah menjadi tepung yang nilai jualnya lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk mentah atau biji.

Dia menambahkan, pemerintah berupaya mengundang investor datang ke Kotim. Dengan adanya investasi, perputaran ekonomi di Kotim jauh lebih baik lagi.

”Karena kita tidak punya uang yang banyak, tidak punya modal yang cukup besar, sehingga kita berharap dengan investasi. Tetapi, investasi juga akan dipilah-pilih,” ujarnya.

Menurutnya, investasi tidak hanya memberikan lahan, tetapi contoh investasi dalam bentuk lain, seperti mengundang Master Porang Paidi ke Kotim untuk memberikan edukasi kepada petani yang sedang belajar membudidayakan porang.

”Saya minta kepada Master Porang agar sudah bisa dimulai peletakan batu pertama Juli nanti,” tambahnya.

Halikinnor optimistis budidaya tanaman porang bisa berkembang di Kotim. Pasalnya, tanaman jenis umbi-umbian memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan, bahkan lebih menguntungkan dibanding kelapa sawit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *