Seruyan Waspada Karhutla

PADAMKAN API : Tampak seorang petugas saat berupaya memadamkan api karhutla di Seruyan tahun lalu. Sementara ini Kabupaten Seruyan masih nihil hotspot karhutla.(DOK HENDRI/RADAR SAMPIT)

KUALA PEMBUANG– Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan Agung Sulistyono mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Seruyan masih aman dari kebakaran hutan dan lahan. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya hospot yang terpantau di wilayah tersebut.

Menurut Agung, walaupun tidak ada titik api, pihaknya tetap menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat terkait ancaman karhutla. “Saya berharap kondisi ini terus bertahan dan tidak ada karhutla di Seruyan,” harapnya.

Bacaan Lainnya

Sejumlah wilayah rawan terjadi karhutla di Kabupaten Seruyan diantaranya Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur karena kultur tanah yang bercampur gambut. “Akan tetapi bukan berarti di wilayah lainnya tidak rawan, maka dari itu kita harus terus waspada,” lanjutnya.

Selain itu tidak adanya titik panas di Seruyan karena cuaca di Seruyan masih stabil dengan hujan cukup sering sehingga api tidak mudah membakar semak belukar di Seruyan.

Lebih jauh dikatakanya untuk mempersiapkan dalam penanganan karhutla, pihaknya terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana dalam upaya penanganan dan pencegahan karhutla. “Untuk personel aman dan peralatan juga cukup memadai,” ujarnya. (hen/sla)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *