Kalteng Kejar Target Vaksinasi

PERKUAT IMUNITAS : Proses penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama terhadap kalangan masyarakat lansia di Kota Palangka Raya baru-baru tadi. (Dok.Radar Palangka )

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul menegaskan, cakupan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di provinsi ini akan terus dipacu agar dapat diselesaikan sesuai jadwal. Diinformasikan, vaksinasi tahap dua yang ditujukan untuk petugas pelayanan publik ditambah dengan kelompok lanjut usia (lansia) ditargetkan selesai Juni mendatang. Kemudian pada Juli akan dilanjutkan tahap tiga untuk masyarakat umum.

“Baik itu untuk petugas pelayanan publik, dan terutamanya untuk kelompok lansia diupayakan terlaksana dengan baik, sehingga vaksinasi tahap dua bisa selesai pada akhir Juni,” katanya belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, meski secara umum percepatan vaksinasi ini juga tergantung dengan ketersediaan vaksin, namun berbagai tahapan dan proses pelaksanaannya tetap akan dikawal supaya semua kelompok prioritas tahap dua dapat menerima suntikan sesuai jadwal. Jumlah kelompok prioritas tahap dua ini tergolong banyak dibandingkan kelompok tenaga kesehatan pada tahap satu kemarin. Sehingga seluruh tahapan, mulai dari pendataan hingga pelaksanaan vaksinasi harus diperhatikan secara menyeluruh.

“Tahap pertahan vaksinasi untuk tenaga kesehatan selesai 100 persen sesuai jadwal. Oleh sebab​ itu, tahap dua ini diharapakan demikian juga,” ucapnya Suyuti.

Ia menambahkan, kendati mengupayakan vaksinasi terlaksana dengan cepat, namun dirinya memastikan tahapan pelaksanaan vaksinasi ini tetap dilakukan berdasar prioritas. Ini artinya, masyarakat umum yang tidak masuk kelompok tahap dua belum bisa diberikan vaksinasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *