Pemko Palangka Raya Gelar Pelatihan Penerapan SIMBG

VAKSIN: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah saat menyampaikan capaian vaksinasi tahap II.(ISTIMEWA/RADAR SAMPIT)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Wakil Wali Kota Umi Mastikah menghadiri pembukaan  pelatihan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG), di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (8/4) lalu.  Pelatihan tersebut dalam rangka membantu pemerintah kabupaten dan kota dalam proses pelaksanaan bangunan gedung. Yakni dalam penyelenggaraan  Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB), yang  sekarang berubah namanya menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF) yang lebih tertib dan transparan.

Sementara itu, SIMBG adalah Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Bacaan Lainnya

Umi Mastikah mengharapkan, melalui pelatihan SIMBG itu, di lingkup Pemkot bisa meningkatkan kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN)  dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Terlebih  proses perizinan IMB/PBG dan SLF sehingga menciptakan mekanisme pelayanan.

”Dalam SIMBG mengandung penyederhanaan yang meliputi percepatan waktu proses penyelesaian, kepastian biaya, kejelasan prosedur pelayanan. Semua itu agar menghindari proses perizinan yang rumit, proses periz inan yang tidak tertib, transparan dan waktu penyelesaian proses penerbitan yang tidak pasti,” ujarnya.

Disampaikannya pula, SIMBG hadir sebagai bentuk pelayanan publik yang mendorong semua pihak untuk melek teknologi (IT). Terlebih pada kondisi pandemi covid-19 saat ini, semua bentuk layanan diharap dapat terintegrasi secara elektronik. Menurut Umi, di Palangka Raya berbagai hal terus berkembang. Salah satu hal itu ditandai semakin maraknya bangunan atau gedung yang dibangun oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat.  Atas hal ini melalui SIMBG ini para pemilik atau pengusaha maupun masyarakat yang mempunyai bangunan atau gedung, dapat memperhatikan kelengkapan administrasinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *