Penerima Bansos Bisa Cek di Sini

Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso

PALANGKA RAYA – Masyarakat bisa mengecek di website cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah mendapat bantuan sosial atau tidak. Diharapkan website ini bisa memenuhi hak informasi publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

“Jadi bisa cek di website, bantuan untuk PKH. Data itu diharapkan sesuai dengan peruntukan, karena data tersebut diperbarui sesuai dengan KTP. Dinas Sosial Provinsi Kalteng mendukung hal tersebut. Semoga dengan bantuan itu bisa dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” ujar Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso,Kamis (29/4).

Menurutnya, penyaluran bantuan sosial juga sudah berkoordinasi dengan BPK, BPKP, KPK, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian.  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program sembako di Kalteng berjumlah  118.019  penerima. Mereka tersebar di Gunung Mas, Kapuas, Katingan, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Murung Raya, Lamandau, Pulang Pisau, Seruyan,  Sukamara, dan Palangka Raya. Penerima terbanyak di Kotawaringin Timur dengan jumlah 20.447 kepala keluarga, diikuti Kapuas 20.458 kepala keluarga.

”Program ini merupakan wujud nyata bahwa pemerintah terus berupaya memulihkan roda ekonomi dan membantu masyarakat dengan memberikan program bantuan sosial di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Budi menekankan, penerima bantuan tersebut sudah dilakukan sinkronisasi dengan  data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)  dengan seluruh data identitas tunggal dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK). Data akan terus diperbarui sekaligus mengakomodasi dinamika sosial masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *