Percepat Vaksinasi untuk Tenaga Kerja

HARI BURUH: Peringatan Hari Buruh di Kalteng dirangkaikan dengan doa bersama lintas agama dan pembagian sembako, tanpa adanya aksi turun ke jalan, Sabtu (1/5).

PALANGKA RAYA – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Tengah (Kalteng )Frans Martinus mengharapkan, peringatan Hari Buruh atau May Day pada 1 Mei kemarin menjadi momen kebangkitan pemerintah bersama para tenaga kerja atau buruh di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan pemerintah terkait hal tersebut. Salah satunya percepatan vaksinasi untuk para pekerja dan buruh sebagai bentuk perlindungan terhadap semua tenaga kerja diberbagai sektor. “Para pengusaha melalui asosiasinya masing-masing sudah membantu para pekerja untuk memperoleh vaksinasi.

Bacaan Lainnya

Saya rasa percepatan vaksinasi ini adalah kuncinya, bagaimana bangkit bersama di masa pandemi ini,” katanya, Sabtu (1/5).

Frans juga mengatakan, percepatan vaksinasi untuk pekerja dan buruh tidak lepas dari program pemulihan ekonomi yang saat ini tengah diupayakan pemerintah.

Para pekerja yang merupakan bagian penggerak pertumbuhan ekonomi dinilai sangat penting mendapat perlindungan kesehatan melalui vaksinasi.

“Namun disatu sisi, buruh juga harus patuh terhadap ketentuan pemerintah. Salah satunya larangan mudik. Jangan sampai lonjakan kasus di India terjadi di Indonesia, terutama Kalteng. Intinya perekonomian dan protokol kesehatan harus diperhatikan,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kalteng Karliansyah mengakui, bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi satu tahun lebih berdampak besar terhadap sektor ketenagakerjaan. Mulai dari tenaga kerja yang kehilangan pekerjaan hingga pengusaha yang gulung tikar akibat dampak ekonomi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *