Ajak Kalangan Muda Berpolitik

TEKS: Sigit Widodo

PALANGKA RAYA – Legislator PDI Perjuangan di DPRD Kota Palangka Raya Sigit Widodo, mendorong dan mengajak  kalangan muda, terutama kalangan milenial agar dapat mengasah kemampuan untuk belajar dunia perpolitikan.

“Saya katakan, tidak perlu alergi dengan dunia politik. Terlebih generasi muda saat ini memiliki pola pikir kritis, maka akan ada jiwa kepemimpinan dalam politik,”ujarnya, kemarin.

Bacaan Lainnya

Sigit melihat, generasi muda saat ini memiliki pemahaman kuat serta mudah menyesuaikan dengan kondisi apapun. Termasuk dalam dinamika politik. Menurutnya hal itu terlihat dengan banyaknya anak muda yang menyukai dunia politik.

“Karenanya, partisipasi generasi muda sangat diharapkan dalam dunia politik. Ingat,  segala hajat hidup orang banyak itu adalah produk dari proses politik, sehingga pemuda juga bisa menjadi bagian dalam proses pembangunan,” imbuhnya.

Sejatinya sambung Sigit,  generasi muda sebagai pemilik masa depan bangsa diharapkan tidak terlampau pesimis dengan pesatnya perkembangan dunia politik.

Ia pun menilai, apabila generasi muda bersikap apatis atau acuh tak acuh dengan politik, maka dikhawatirkan tidak akan ada kontrol yang kuat dari masyarakat. Apalagi dengan maraknya upaya untuk memecah belah persatuan bangsa saat ini.

Sigit menambahkan, partisipasi generasi muda sangat diharapkan secara mendalam. Terutama pemikiran yang logis pada isu politik yang berkembang sebagai kontrol di masyarakat.

”Belajar dari hal yang mudah dulu. Sebut saja sebagai fungsi kontrol di luar ring. Atau terlibat aktif dengan bersuara terkait isu-isu yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Dengan begitu, secara tidak langsung sudah berpartisipasi dalam dunia politik,” pungkasnya. (agf/gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *