Pencuri Kotak Amal Berkeliaran

KEJAHATAN: Pelaku pencurian uang di kotak amal saat beraksi di masjid Raudhatul Jannah di Jalan Husni Thamrin dan aksinya sempat terekam CCTV.(ISTIMEWA)

PALANGKA RAYA-Aksi pembobolan kotak amal di tempat rumah ibadah kembali membuat resah. Baru-baru tadi, aksi tak terpuji itu terjadi di dua tempat, di Masjid Raudhatul Jannah di Jalan Husni Thamrin dan Musala Asyufiah di Jalan Ratu Zaleha Palangka Raya,Selasa (8/6) kemarin.

Tidak diketahui apakah kejadian di dua lokasi itu oleh pelaku sama atau tidak. Namun yang pasti akibat kejadian itu, uang sedekah daru jamaah hilang berkisar ratusan ribu rupiah. Diketahui, pelaku beraksi di musala dengan cara merusak kotak amal menggunakan benda tumpul.

Bacaan Lainnya

Dari rekaman CCTV di masjid tersebut, terlihat aksi pelaku mencuri uang dengan cara menggunakan ranting kayu kecil yang sudah diberi lem. Aksi itu bahkan sempat ketahuan pengelola masjid, namun sempat melarikan diri. Dalam rekaman itu jelas terlihat, pelaku menggunakan jaket hitam, berpura-pura sebagai jamaah masjid lalu mengamati situasi  sekitar dan beraksi saat sepi.

Pengurus masjid  Raudhatul Jannah Masduqi mengatakan, pencurian tersebut terjadi pada Selasa siang 8 Juni 2021. Saat itu terlihat pelaku berpura-pura menjadi Jemaah dan hendak men-charge ponsel. Nampaknya melihat situasi aman, pelaku beraksi dan saat sedang mengambil uang dari dalam kotak amal dipergoki imam masjid tersebut.

Kemudian, pelaku melarikan diri dengan membawa hasil curian sebesar Rp 300 ribu.Dari rekaman terlihat bahwa pelaku sudah merancang aksinya dengan cara membuat ranting kayu yang direkatkan dengan lem untuk mempermudah pengambilan uang dari dalam kotak. “Nah saat itu pelaku ketahuan, hingga langsung kabur dan saat itu sepeda pancal dan satu charge ponsel tertinggal. Maka itu antisipasi kejadian serupa kita memasang puluhan kamera CCTV. Semoga tidak terulang kembali dan pelaku bisa diamankan,” ujar Masduqi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *