Pemkab Kotim Rancang Konsep Tol Laut

PEMAPARAN: Bupati Kotim Halikinnor, saat melakukan zoom meeting bersama Dirjen Perhubungan Laut di ruang Command Center Diskominfo Kotim, membahas konsep tol laut dan rencana pengerukan Sungai Mentaya, Rabu (7/4).(YUNI/RADAR SAMPIT )

SAMPIT– Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berencana mewujudkan konsep tol laut, untuk memperlancar arus transportasi kapal dari dalam dan  luar daerah. Rencana ini pun mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat, sehingga proyek pengerukan sungai untuk memperlancar tol tersebut bisa digelar akhir tahun ini.

Diutarakan Bupati Kotim Halikinnor,  latar belakang rencana tersebut adalah tingginya aktivitas kegiatan yang memanfaatkan alur pelayaran Sungai Mentaya di Kotim.

Bacaan Lainnya

“Selama ini, alur pelayaran Sungai Mentaya dapat dilintasi oleh kapal-kapal,  baik tonkang, kargo, kapal penumpang Ro-Ro dan jenis kapal lainnya,  hanya 7 jam dalam 24 jam,” sebutnya.

Menurutnya, hal itu dipengaruhi kedalaman alur Sungai Mentaya yang  hanya berkisar antara 1,5 – sampai 2 meter low water spring (LWS). Selain itu rencana tersebut juga mengacu kepada rencana detail tata ruang kawasan industri di Bagendang Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU).

Halikinnor berharap,  dari Pra Feasibility Study (FS) atau Pra Studi Kelayakan ke FS bisa sesegera mungkin dilakukan. Sehingga pada akhir tahun ini dapat dilakukan pengerjaan, seperti pengerukan Sungai Mentaya.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan atas rencana tersebut Menteri Perhubungan yang diwakili Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Agus H. Purnomo melakukan zoom meeting bersama dengan Bupati Kotim Halikinnor yang didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Sampit Capt Thomas Chandra, dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kotim Siagano. Turut hadir Kepala Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim Multazam,  serta sejumlah perwakilan dari dinas terkait.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *