Akan Hadiri Kongres di Kalbar, Ribuan Mahasiswa HMI Transit di Pelabuhan Kumai 

hmi
Ribuan mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan menghadiri Kongres HMI di Pontianak Kalimantan Barat tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai sekitar pukul 16.00 wib pada Kamis (23/11/2023) sore.
PANGKALAN BUN, radarsampit.com – Ribuan mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan menghadiri Kongres HMI di Pontianak Kalimantan Barat tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai sekitar pukul 16.00 wib pada Kamis (23/11/2023) sore.
Kedatangan rombongan mahasiswa dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ini bertolak dari Surabaya menggunakan KM Kelimutu dan langsung disambut Penjabat Bupati Kobar dan Forkopimda sekaligus difasilitasi keberangkatan menuju Pontianak. Mereka disiapkan puluhan armada, bus, mini bus dan kendaraan umum lainnya untuk mengangkut ribuan mahasiswa tersebut.
Proses ribuan mahasiswa yang turun dari kapal cukup menyulitkan petugas karena sebagian berdesakan ingin cepat turun. Suara riuh dari ribuan mahasiswa bersorak sesaat kapal merapat di pelabuhan. Namun perlahan ribuan mahasiswa yang turun dapat terurai setelah rombongan demi rombongan langsung diberangkatkan menuju Pontianak.
Proses masuk ke transportasi darat yang disiapkan juga cukup menyulitkan petugas karena masing-masing dari mereka memiliki rombongan sehingga tidak mau terpisah dengan temannya. “Secara umum lancar tetapi lucunya mereka ini tidak mau terpisah dari rombongan, kita tahu kalau sekelas mobil Inova paling hanya 7 sampai 8 orang, bus yang besar bisa 30 orang, kalau tidak diisi penuh kan sayang. Sementara mencari armada mengangkut seribu orang lebih ini tidak gampang. Tetapi pelan-pelan kita arahkan akhirnya semua terangkut,” ungkap Penjabat Bupati Kobar, Budi Santosa.
Menurut Budi, pemkab Kobar bersama Forkopimda telah berkolaborasi menyiapkan puluhan armada bus besar, bus kecil dan mobil Innova. Selain itu, pemkab bersama Forkopimda juga menyiapkan makanan untuk bekal perjalanan mereka menuju Pontianak.
Kapolres Kobar, AKBP Bayu Wicaksono yang juga turun ke lokasi penyambutan menegaskan pihaknya sudah mengatur sekenario perjalanan mereka dari turun dari kapal sampai pemberangkatan. “Alhamdulillah semua berjalan lancar. Kita bantu mereka supaya tertib dan sampai ke tujuan dengan selamat,” ungkap Bayu.
Terpisah, Kepala Pelni Cabang Pangkalan Bun, Rony Abdullah mengatakan jumlah penumpang KM Kelimutu terdiri dari 1.196 penumpang HMI dan 154 penumpang umum. Kapal tiba dan sandar di pelabuhan Panglima Utar Kumai tepat pukul 16.00 wib. “Total semua mahasiswa HMI, sebanyak 1.196 berasal dari Sulawesi, untuk penumpang umum hanya 154 orang,”pungkasnya.
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran juga tampak hadir ditengah-tengah kerumunan mahasiswa. Tampak ia bersalaman dan mengajak komunikasi para mahasiswa dari berbagai universitas tersebut. Didampingi Pj Bupati, Sugianto tampak akrab dengan Mahasiswa dan ikut mengatur kelancaran perjalanan mereka.
Pantauan dilokasi sejak kedatangan kapal hingga benar-benar terangkut semua memakan waktu cukup panjang hingga pukul 19.00 wib. Semua proses penyambutan berjalan lancar hanya ada satu mahasiswi pingsan akibat kelelahan namun langsung ditangani petugas.(sam/sla)


Baca Juga :  PSHT Lantik 13 Ketua Ranting dan 4 Ketua Komisariat Periode 2023 - 2026

Pos terkait