Atasi Kepadatan Lalu Lintas, Tiga Median Jalan di Sampit Bakal Dibongkar

bundaran sampit
BAKAL DIBONGKAR: Petugas mengukur bundaran di Jalan Tidar yang akan diperkecil untuk kelancaran arus lalu lintas. (IST/RADAR SAMPIT)

SAMPIT, radarsampit.com – Tiga median jalan di Kota Sampit bakal dibongkar. Hal itu sebagai upaya memperlancar dan mengurai kepadatan arus lalu lintas di tiga titik median tersebut.

Pembongkaran merupakan hasil kesepakatan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kabupaten Kotawaringin Timur. Median jalan tersebut, di antaranya di depan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, depan RSUD dr Murjani Sampit, dan bundaran  simpang Jalan Tidar.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan Kotim Suprmadi mengatakan, diameter Bundaran Tidar akan diperkecil dari 10 meter menjadi 2 meter. Hal itu diharapakan akan memperlancar arus lalu lintas pada persimpangan tersebut yang sering terjadi antrean panjang.

”Pembongkaran akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat, dan Kawasan Permukiman (PUPRPRKP) Kotim setelah nanti mendapatkan persetujuan dari Bupati Kotim,” kata Suparmadi, kemarin (7/4).

Suparmadi melanjutkan, untuk median di Jalan HM Arsyad, depan akses masuk RSUD dr Murjani Sampit menimbulkan kerawanan lalu lintas. Pasalnya, masyarakat dan pegawai yang akan ke rumah sakit dari arah Jalan Ahmad Yani, harus melawan arus kendaraan dari arah simpang Pelita.

Baca Juga :  Dituntut Dua Tahun Penjara setelah Gelapkan Miliaran Uang Miras

”Dengan dilakukan pembongkaran median tengah, diharapkan akses menuju rumah sakit akan lebih mudah. Di samping itu, median di sisi utara depan musala RUSD akan diperpanjang sampai batas akses keluar rumah sakit. Supaya tidak ada kendaraan yang melawan arus ke Jalan Batu Berlian,” jelasnya.

Suparmadi menambahkan, pembongkaran median jalan di depan PPM Sampit dilakukan agar kapasitas dan lebar jalan semakin besar. Dengan demikian, arus lalu lintas akan lebih lancar. Pembongkaran juga diberengi dengan pemberlakuan sistem satu arah (SSA) dari arah Ikon Jelawat menuju Mentaya Town Square.

”Hanya saja, kendala yang dihadapi, terdapat tiang listrik di tengah median jalan yang akan dilakukan pembongkaran dengan jumlah tiang sebanyak enam buah. Hal ini akan kami laporkan ke Pak Bupati untuk jadi bahan pertimbangan, apakah tiang listrik tersebut ikut dibongkar atau tetap ada, dengan catatan di bawahnya dibuat pembatas lingkaran berdiameter  satu meter,” katanya. (ang/ign)



Pos terkait